Monday 12 August 2013

The negative things

Kata orang kebahagiaan atau perasaan positif adalah perasaan yang paling mudah menular, tapi nyatanya beberapa kejadian membuatku ingin  mengatakan sebaliknya. Kok aku ngerasa perasaan, aura negatif, perkataan, ato berita negatif cepat mempengaruhi sekelilingnya ya? Ini yang menyebabkan aku malees denger kalimat2 negatif. Bahkan nasihat kalo disampaikan dengan cara yang buruk ato negatif jatohnya juga bakal negatif. Ini baruuu aja aku alami. Salah satu sodara memberi nasihat, lupa gimana pastinya. Yang jelas disampaikan dengan kata2 kurang baik. Aku paling males nginget2 kalimat negatif. Mending dikatain gak sopan karena ga ngerespons daripada kalimat negatif itu aku inget2. Buat aku pribadi aku akan senang kalo dinasihati, dikasih tau, siapa sih yang gak pengen meningkatkan kualitas diri? Siapa yang gak pengen jadi orang besar yang tahu banyak hal? Semua gak akan nolak. Kecuali orang bebal aja. Aku mau kok dikasih tahu, asal positif. Aku gak mau dengerin perkataan negatif dari siapa pun, sama sekali, bahkan bapak sekalipun. Aku bakalan langsung pergi. Ato diem. 
Aku sadar gak bisa ngebuat setiaap orang mengatakan hal baik. Tapi kok ya tetep aja nyesek? Kata2 negatif jelas ngebuat orang down, entah dia kuat ato tidak  mentalnya. Secara mental, kalimat negatif tetap akan menyakiti orang lain. Tapi kadang kalimat2 negatif ini gak bakal mempengaruhi orang bebal, orang yang gak peduli dengan perkataan orang lain, orang yang hanya peduli dengan pendapatnya sendiri. Ini bahaya sebenarnya, ketika orang berhenti mendengarkan, ia akan hidup dalam dunianya sendiri, apatis, dan cenderung menyakiti orang lain. Orang macem ini gak bakal peduli seberapa baiknya perkataan orang lain buat dirinya. Dia hanya akan berorientasi pada dirinya sendiri. Menyedihkan memang. Kita kan gak hidup sendiri. Ada orang lain yang punya hak sama dengan kita. Emang situ doang yang bisa punya pemikiran? Emang dia doang yang berhak memberi nasihat? 
Ketika orang sudah tidak mau mendengarkan dia juga gak bakal instrospeksi. Bahaya nomor 2! Udah gak mau mendengarkan, gak mau instropeksi juga. Jadi seseorang dengan gampang nyela orang lain tapi gak sadar kalo dirinya ngelakuin itu juga. Come on! Wake up!!! Malu book sama diri sendiri! Gak takut apa kelak bakalan ada yang bilang,"Gimana ma eloh? Bukanya elo juga gini2?" 
Meeen, itu menakutkan. Selanjutnya kredibilitas eloh bakalan terjun bebas! Tambah menyedihkan kalo ngungkapin pendapat ato pas ngomong gak ada yang merhatiin? Palingan elo dapet lengosan diam2. Menyakitkan bukan? 
Kadang orang gak sadar kata2 mereka itu memberi pengaruh pada orang lain. Kata2 pembatasan, penuh ketakutan, keragu2an bakal memberi pengaruh pada orang lain. Berasa pengen bilang,"Keep ur negative shit for yourself!" Buat diri elo ajah! Gueh gak butuh!
Ini salah satu alasan kenapa aku suka nonton reality show Korea. Apresiasi yang mereka berikan kepada orang lain, tepuk tangan yang gak pernah lepas dari apresiasi itu. Perilaku mereka bener2 membuatku terpana. Lepas dari kehidupan mereka seperti apa, tingkah yang ditunjukkan oleh Jae Suk dkk merupakan hal positif yang musti kita tiru. Kata2 daebak! Johta! yang sering terdengar adalah hal baik yang perlu kita tiru. Gak tiap ada orang melakukan sesuatu diberi tangapan macam,"Halah, opo kui?" ato "Iki permainan opo?" Ya elaah meen, idup lo kering amat? Lo gak tau rasanya bersenang2? Napa tiap ada hal2 baru, hal2 sederhana pasti dicela? Seolah2 gak ada yang bener di mata elo. Bete gak sih kalo ada orang macem itu? Yakin, orang macem ini gak pernah sekalipun nonton Running man ato Family Outing. Bodo amat gak dikatakan nasionalis. Gueh mending gak nasionalis daripada ngagung2in tingkah penuh sifat negatif macem entu. Mending meniru tingkah lucu, tapi tetap sopan macem cast running man.
Mari kita berjanji pada diri sendiri untuk tidak menyebarkan kata2 negatif! Mari kita menjadi manusia yang apresiatif, positif, penuh cinta, dan mau mendengarkan orang lain. Hidup akan lebih indah kalo pas kita bikin sesuatu, sekecil apapun dihargai oleh orang lai
Fighting! Spead the love around the world :D

No comments: