Thursday 12 June 2014

Surat terbuka dibuka dan dipublikasikan *haiaah*

Ini sudah tidak bisa dibiarkan! Hasrat menggebu2 eikeh buat berkoar2 soal pilpres udah di ujung jalan menuju Seoul!
Jadi ngana pilih mana?
Tenang, eike masih menerapkan asas luber jurdil yang eike terjemahkan menjadi “eike gak peduli ente mau pilih yang mana asal kagak bikin orang lain sengsara *dibaca kagak ganggu kegemaran eikeh mantengin laptop*. Yang jelas sodara2 sekalian musti milih! Jangan golput, mending golkar *eh*
Idiom macam “satu suara sangat berharga” atau “hidup adalah pilihan* atau “sekali SJ tetap SJ* macam entu musti diterapin. Jangan kayak Widya, dia udah hakul yakin niat bingiiit bakalan golput karena gak yakin sama dua pasang capres yang tersaji *?!?!*. Katanya dengan muka pengen digampar “Gak ada yang bisa dipilih. Aku gak suka dua2nya. Gak ada yang bagus”. Whooosaaaah, kalau gak inget kenangan indah kami berdua bakalan eikeh lempar pake tempe kripik satu kontainer! Antipati doi sama Pak Jokowi sungguh sudah sangat besar sebesar cintaku pada Kyuhyun! Ada beberapa hal yang membuat doski memiliki perasaan entu. Salah satunya katanya yang Jokowi gak amanah. Baru di Solo berapa juta tahun cahaya eh ke Jakarta, lalu di Jakarta baru 400 tahun *Do Min Joon kalee* mau jadi presiden. Mungkin niat Widya baik, kalo ntar jadi presiden trus ditawari jadi penguasa dunia, Pak Jokowi mau gitu mungkiin *beyond believe*. Trus yang katanya sertifikasi guru bakal dicabut kalo Pak Jokowi menang juga menjadi pertimbangan doski.
Lain lagi sama si elder, Mbak Fina bilang doi lebih seneng sama presiden sipil. Daan status Om Bowo yang gak beristri juga menjadi catatan penting bagi doi. Buat si mama endut gak punya istri adalah big warning *buru2 atur kencan buta Om Bowo sama Yuni Syarah*.
Kampanye....hidup2 PDI entu terus terang bikin empet! Di Metro, Pak Jokowi jadi primadona. Di tipi One, giliran Om Bowo yang jadi kumbang studio. Ampuuun daaah! Ampe melibatkan jenderal pulak! Buyaaa??? Why they so serious? Take that easy. Kata anak2 sekarang “Keep calm and keep nglamuti cilok”. Soal pemecatan, eh, maaf pemberhentian dengan hormat Om Bowo yang terungkap melibatkan nama2 Agum Gumelar, Suryo Prabowo dan kawan2. Pak Agum bilang bla bla bla, Pak Surpraw *Surya Prabowo-red* langsung balas blo blo blo. Gak bener nih! Jenderal kita bakalan adu mulut di tipi. Gak keren dong! Padahal selama ini gue saluut sama TNI. Kereen lo TNI entu, bisa masak, bantuan korban banjir, tanah longsor, plus kemampuan perang yang diakui negara lain. Daebak loo! Dan gegara isu murahan semurah kacang goreng di wayangan para jenderal keluar dan membuat situasi makin gak kondusif. Eikeh khawatir Pak Nasution almarhum, Pak Ahmad Yani almarhum, dan para jenderal yang dibunuh di lubang buaya nangis pedih melihat junior2nya saling adu mulut. Makin khawatir gimana kalo ntar akhirnya jenderal bintang lima yang merupakan mantan presiden RI bakalan ngejewer junior satu2. Gak ngarti maksud ngana? Sama! Hahah. Guyonan eike sama bapak doang sih pas ngedenger statement para jenderal, spontan eike bilang “waaah! Jenderal pada keluar semua! Terakhir pasti almarhum Pak Harto keluar dan njewer mereka satu per satu!” *Gak menghibur* *jesongeyo*
Eike percaya kalo semuanya berawal dari niat. Kalau niatnya meluruskan dan mengclearkan kisruh surat yang bocor, bakalan sampai kok. Maksudnya gini, apa niat para jenderal ngebahas surat pemberhentian Om Bowo? Pak Agum secara garis besar bilang kalau karier Om Bowo di militer di luar kewajaran, dalam setahun atau berapa gitu bisa tiga kali naik pangkat, sementara normalnya tiga tahun sekali. Trus katanya Om Bowo juga indisipliner. Daaan tadaaa, statement entu disambut dengan pentungan statement bahwa sebenarnya senior2 Om Bowo di militer macem Pak Agum entu iri dengkri srei plus bete dengan kecemerlangan Om Bowo jadi terus ngejelek2in Om Bowo! Duaaar!!! Doh! Ribeet amat seeh! Well, kita coba telaah. Pertama kita analisis kebenaran pemberhentian dengan hormat Om Bowo. Maaf2 ni. Pemberhentian dengan hormat itu apa ya? Dipecat tapi pake majas penghalusan *?!?!* atau undur diri? Setahu eikeh kalo ente kerja dengan baik kenapa diberhentikan? Apa Om Bowo adalah tumbal dari suatu skenario besar? *mulai pening*
Yang jelas, perlu diakui bahwa benar Om Bowo diberhentikan dengan hormat karena melakukan kesalahan. Yang katanya terlibat penculikan beberapa aktivis gitu kaan? Eike percaya setiap orang berhak mendapat kesempatan kedua, termasuk Om Bowo. Kalo emang si Om punya niat baik membangun dan menjadikan Indonesia macan Asia bukankah itu hal yang bagus? Tapi saya juga percaya bahwa kalau setiap orang yang punya kesalahan musti dihukum, termasuk Om Bowo. Kenapa si Om pake diberhentikan? Kenapa Om Bowo gak bisa dapet visa ke Amerika Serikat dan kenapa SJ gak comeback2? *makin pening*
Soal Om Bowo yang belum punya istri lagi itu soal pribadi kan yaa. Eikeh cuma khawatir kantung mata Om Bowo bakalan ngalah2in SBY. Padahal SBY punya Bu Ani lo. Om Bowo.. ya, saran eikeh Om Bowo segera meresmikan hubungan dengan Yuni atau Nia Daniati *korban gosip*. Eikeh kira perlu ada yang tanya sama Om Bowo kenapa gak nikah lagi. Apakah trauma dengan pernikahan dulu? Ataukah belom bisa move on dari Bu Titik? Kepo amat seeh! Pasti gitu kan pikiran yang ada dibenak pembaca sekalian*karepmuh*. FYI, jangankan presiden, artis lokal macam ngana saja banyak yang ngepoin! Presiden termasuk publik figur. Wajar semua pengen tahu. Kalau gak pengen banyak yang nanya, eikeh sarankan jadi ghost writer *gak lucuk*. Daan jangan takut dengan perkataan orang Om! Nikah ato gak nikah itu urusan pribadi Om sama Gusti Allah SWT. Yaaa, meski akan lebih baik nikah sih. Semua orang juga pengen nikah. Bukankah nikah adalah sunnah Rasul? Pahalanya mayan lo buat ngehapus dosa liat abs Eunhyuk atau Gong Yoo *iya, gueh*. Buat eikeh selama gak ngeganggu rumah tangga orang lain, maju terus Om!*lalalala yeyeye*.
Terus terang, sampai saat ini eike belom memutuskan bakal milih sapose. But i have to choose then. A must!

Bedah visi misi
Jadi setiap presiden musti bikin visi misi yak? Emm, seinget eikeh dulu Pak Dosen Zaini bilang kalo visi adalah hal yang sulit terwujud, masih abstrak makanya ada misi. Tapi, tapi tapiii... jujur eikeh mabok baca visi  misi keduanya. Too heavy! Maksudnya, kalo pake bahasa mudah dipahami gak keren yak? Kalo mudah dicerna dosa ya? Kalau langsung langkah yang mudah dikerjain ntar dicontek yak? Atao kenapa ya?
Coba kita cekidot visi misi keduanya *ini sumbernya bukan dari KPU. Awalnya pengen donlot dari KPU tapi kok komputernya ngadat setiap  kali buka situs dari KPU yak? I dont have idea bout that* yaa, semoga ini bener visi misi capres kita

Visi dan misi Prabowo-Hatta
Prabowo-Hatta mendeklarasikan VISI yang sepenuh-penuhnya menjadi maksud dan tujuan dari para Pendiri Bangsa, yaitu:
Membangun Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur serta bermartabat
Dan untuk itu Prabowo-Hatta akan mengemban MISI sebagai berikut.
Mewujudkan Indonesia yang berdaulat, aman dan damai, bermartabat, demokratis, berperan aktif dalam perdamaian dunia, serta konsisten melaksanakan Pancasila dan UUD 45.
Mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, berkerakyatan, dan percaya diri menghadapi globalisasi.
Mewujudkan Indonesia yang berkeadilan sosial, dengan sumber daya manusia yang berakhlak berbudaya luhur; berkualitas tinggi: sehat, cerdas, kreatif dan terampil.

Seriously, itu jawaban dari soal PKN ya? Cekidot punyanya Pak Jokowi.

Visi Misi Jokowi-JK
Untuk lima tahun kedepan, pemerintahan kami akan dipandu oleh VISI sebagai berikut:
Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.
Upaya untuk mewujudkan Visi Terwujudnya Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong-Royong itu akan ditempuh melalui MISI sebagai berikut.
·         Mewujudkan keamanan nasional yang mampu menjaga kedaulatan wilayah, menopang kemandirian ekonomi dengan mengamankan sumber daya maritim, dan mencerminkan kepribadian Indonesia sebagai negara kepulauan.
Mewujudkan masyarakat maju, berkeseimbangan dan demokratis berlandaskan negara hukum.
·         Mewujudkan politik luar negeri bebas-aktif dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim.
Mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia yang tinggi, maju dan sejahtera.
Mewujudkan bangsa yang berdaya-saing.
Mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat, dan berbasiskan kepentingan nasional.
Mewujudkan masyarakat yang berkepribadian dalam kebudayaan.

Omooo!! Buyaaaa?? Call me paboya cause i really dont get what they said! Kenapa gak ada misi yang mudah macem:”Kalo ngana jadi presiden eike pastiken gak ada manajer yang ngebuat deadline abal2!” atau “kalau beta jadi presiden eike pastiken padi bukan satu2nya makanan pokok masyarakat! Beta bakalan naikan pamor ubi, singkong, dan sagu!”
Dua kalimat entu sebenarnya gak secetek bayangan ente2 sekalian*nguook*. Deadline berkaitan dengan pengetahuan akan kekuatan dan kelemahan, jadi deadline akan dibuat sesuai dengan kekuatan dan kelemahan. Manajer musti tau dong potensi karyawan, mereka kan dibayar mihiil bingit untuk itu. Kalo cuma ngebuat deadline abal2 tinggal kopas aja dari internet *pening semakin menjadi*. Enggak, maksudnya yang jelas kita tahu bahwa sumber daya manusia *karyawan, buruh, pegawai* adalah aset! ASEEET meen! Bukannya objek penderita atau tenaga yang bisa diperes seenak jidat demi kesuksesan yang hanya sementara di dunia ini *cieeh*. Tapiii, kalo SDM entu emang busuk. Musang berbulu domba. Apel busuk. Swory, GET OUT NOW! Adil dong. Yang bagus kasih hadiah yang jelek kasih hukuman. Gak usah pusing mikirin kalo ada permainan kotor deh. Mungkin ada yang mikir kalo ada SDM lain yang ngiri dan mendzalimi kita? Trus kredibilitas kita jatoh? Relaks! Kebenaran akan selalu menang. Kejujuran adalah mata uang yang berlaku di mana saja. Terkadang eikeh mikir kita terlalu wowry sama ini ituh *sama sih eike juga*. Udah let that go. Just do something good today and everything will be allright. Gwencana! Gwencana!
Lanjut misi kedua, padi bakalan marah berat sama eikeh. Maksudnya gini, berapa juta ton padi yang diimpor dari negara lain? Di saat bersamaan ketela dan ubi plus sagu bisa tumbuh dengan gemilang di negara kita. Apa salahnya makan ketela sama sayur? Susah apa makan ubi sama ikan laut? Emang ada beberapa penduduk yang emang gak ngejadiin nasi sebagai makanan pokok dan mereka gak masalah gak makan nasi. Tapi nasi masih menjadi primadona. Sek penting wareg gitu kan? Nasi emang bikin wareg sesaat tapi dalam dua jam elo akan laper beraat. Selain itu, ini hubungannya sama ketahananan pangan mameen! Mana bisa tahan kalo beras aja impor! Kedelai juga impor. Jangan2 besok sapu lidi pun impor? *ato udah?**kkk*
Ayo dong bikin visi misi yang konkret dan gampang dijalani. Apa eike aja yang terlalu bego meresapi visi misi keduanya yak? *pening tingkat dewa* Bagaimana kalo kita sebut program saja? misalnya kayak gini:
    Pendidikan
Sertifikasi akan diwujudkan dalam bentuk pelatihan, fasilitas mengajar serta pengembangan keterampilan dan pribadi guru. Duaar!! *langsung diserang wiwid*. Intinya sertifikasi gak dalam bentuk uang. Hayoo sekarang para guru jawab pertanyaan eikeh, berapa persen dari uang sertifikasi yang Anda gunakan untuk mengikuti kursus desain grafis? Internet? Bahasa internasional? Beli laptop? Beli buku? Dan berapa persen yang Anda gunakan untuk jeng2? Beli mobing? Atau liburan ke Bali? *lalala yeyeye cikidaw cikidaw*.
Ini bukan pepesan kosong macem rumor Kris dan SM bakalan melakukan upaya damai. Ini berdasarkan pengalaman eike mendengarken penuturan salah satu temen yang ibunya dapat sertifikasi *hosh hosh* jadi temen eikeh dan keluarganya tentunya, bisa beli vario baru plus si anak dibliin ibunya BB! Doi ngomong sendiri sama gueh kalo bakalan beli BB kalo uang sertifikasi ibunya udah cair. Maap nih. Bukannya ngiri. Iri boleh tapi gak boleh nyumpah kan? *Hahaha. Apaan seeh?* Apa sih tujuan sertifikasi? Memperbaiki kesejahteraan guru? memperbaiki kualitas mereka? Fine! Fine, Kyu kalo ente gak mau ngerubah hairstyle ente! FINEEE! *pening parah* Maaf bingit para teman sejawat. Kalo masih di Jawa, saya kira gaji guru pns cukup. Cukup gak mewah. Mau mewah? Jadi pengusaha doong! *pengeen T_T*
Kasian guru honorer, guru bantu, guru WB, guru tidak tetap entu. Bagilah sedikit rezeki dengan mereka. Mari kita analisis. Tugas guru emang berat, apalagi guru SD. Eike standing applaus plus sorak sorak bergembira sama mereka. Gak mudah lo ngajarin anak kecil baca. Susah lo bilangin siswa sekelas buat diem dan mendengarkan guru. Saluut gery saluut banget eike! Tapi bukankah jam 12 sodara sudah ada dirumah? Yang guru SMP-SMA jam 2/3 juga dah selesai. Sodara bisa tidur siang. Bisa kumpul ma keluarga, bisa ngegosipin rencana pernikahan Rafi-Gigi. Guru emang yang mencerdaskan kehidupan bangsa, tapi apa sodara bisa mencerdaskan bangsa tanpa buku? Tanpa papan tulis? Tanpa meja dan kursi? Tanpa penjahit yang ngejahitin seragam? Ayoo dong. Setiap profesi itu punya peran sendiri bukan? Gak ada yang meremehkan kerja guru, tapi coba renungkan apakah gaji tanpa sertifikasi tidak cukup buat hidup? Gaji guru PNS itu udah oke dengan standar di masing2 kota. Emang sih gak bakalan cukup kalo tiap hari mampir indomaret, tiap hari makan waah, tiap minggu shopping, tiap ada teknologi baru musti punya. Kalo entu eike hakul yakin gak bakal cukup. Tapi, heiii.. bukankah sudah berlebihan kalo tiap hari jeng2? Tiap hari hura2? Thats too much.
Tapi lain ceritanya sama guru di luar pulau Jawa. Eike dukung 200% kalo mereka digaji ampe 20 juta perbulan. Udah jauh dari keluarga. Gak ada mol. Naik turun gunung dan bukit. Kadang mempertaruhkan nyawa. Mereka yang benar2 harus mempersiapkan mental dan fisik untuk mencerdaskan bangsa. Tapi ternyata masih ada guru yang gak mendapat gaji layak. Silakan googling dan temukan bahwasanya banyaak guru di luar Jawa yang gak bisa hidup layak. 
Ini memang keputusan yang gak populer. Satu miliar suara mungkin akan hilang kalo ada capres yang ngusung program ini *kkk*. Eh, jangan2 eike dikataan sebagai sosialis? Hahaha. Terserah lah. Yang penting eike gak bakalan ngerampok uang elooh, paling ngerampok hati elo *tunjuk Kyuhyun*. Intinya gini, kita emang gak bakal bisa memuaskan semua pihak,tapi paling gak kita tunjukkan empati terhadap orang lain yang gak seberuntung kita *kitaa? Hahaha*. Jangan sampailah kita bunuh2an gara2 sertifikasi *diih, sapa juga yang mau bunuh2an mending sayang2an**kkk*.
·   Ekonomi
Bidang calon suami gueh *nguook*. Eike gak ngarti soal ekonomi, orang ngitung belanjaan aja eike bergantung parah sama kalkulator. Yang eike ngarti, sekarang era industri, pasar bebas, dan kapitalisme makin menggilaa! Kumpulin Kwik Kian Gie, Chairul Tanjung, Andrew Kaskus, smua deh pakar ekonomi plus pengusaha buat merancang konsep uhuii buat ngurangi pengangguran, merangsang masyarakat jadi wirausahawan jadi gak usah ribet sama UMR, UMK gituh. Yang jelas serahkan semua pada ahlinya. Oiya, hentikan bantuan dalam bentuk uang! *dipliriki SBY*.
·   Sosial, Budaya, Agama
Bikin pabrik pengolahan sampah di bantar gebang atau daerah lain yang memungkinkan. Eike empet sama masalah sampah. Berdayakan aparat dari tingkat terkecil, si Pak Rewe a.k.a RT. Bilang sama masyarakat masing2 wilayah buat misahin sampah organik, nonorgani, berbahaya dll. Kita gaji pak RT pake doku yang layak biar gak ogah2an ngurus RT masing2. Kalo udah digaji masih slengekan klumbrak klumbruk MINGGAAAAT sana! Masih banyak orang yang mau jadi RT! We pay u for work not for klumbrak klumbruk!
Perbedaan itu indah. In diversity we unite! Itu kata salah satu menteri atau duta besar yang eike jadiin info di naskah masa lalu *kkk*. Soo, asal elooh gak ngegangguin orang lain dan gak menistakan agama, kita akan main halus. Kita yakini apa yang menjadi keyakinan kita. Gak usah bingung kenapa orang itu pake celana di atas mata kaki. Kenapa dia pake cadar. Kenapa dia bikin ordo buanyak bingit kayak bikin varian pancake. Selama mereka menjaga kondusivitas,gak jahat, gak menistakan agama, gak menyakiti sesama, gak nyampur agama kita masih bisa hidup berdampingan kok. Keyakinan bahwa agama kita yang paling benar gak usah dipermasalahan. Kalo elo gak meyakini kebenaran agama elo yang paling benar,ngapain eloh ngibadah? Cuma, yaa gak usah lah dikoar2kan macem” Woiii, agama gueh paling bener! Yang lain cemen!” Itu namanya jahat. Bukankah agamaku adalah agamaku dan agamamu adalah agamamu? Bukanah dulu Nabi Muhammad saw. menjamin kebebasan kaum Yahudi untuk terus menjaga keyakinan mereka, bahkan beliau menjanjikan keamanan bagi mereka *efek ngedit naskah Sejarah Islam*.
Trus budaya. Ini ntar jatohnya bikin naskah masyarakat multikultural dah *kkk*. Bikin ajang budaya secara rutin. Kalo perlu dikombinasikan sama budaya modern atau pop getoh. Gueh juga gak bakal rela kelak generasi muda gak bisa maen gamelan *eloh juga**tunjuk diri sendiri*.
·   Hukum
Terus terang eikeh bete sama aparat berwajib. Bete-nya gini. Tiap ketemu mereka bawaannya kok gak tenang ya? Mustinya kan hati gueh aman tenteram damai sejahtera kalo ketemu pihak berwajib secara *diih, idiom taon kapan entuh* mereka kan yang bertugas menjaga keamanan bukan? Tapi kenapa gueh merasa tertekan? Apa karena gueh bersalah telah mencuri hati Kyuhyun? *teroooos??*
Temen eike yang seorang wartawan bilang kalo ada oknum polisi *yeah, right sebut merek* nyuguhin alkohol ke wartawan. Miras alkohol entu bukan barang haram buat mereka. Oh my wow, my boy, my nom nom gomez. Buyaaaa?? Kalo gueh jadi presiden, u better work well, cops! Sebenarnya ini bahaya lo, bahaya buat kemaslahatan mereka di dunia dan akhirat. Siapa yang lebih tahu akan suatu hal tapi masih melanggarnya hukumannya gak maen2. Eloh akan mendapat cambukan sebanyak satu juta pangkat seribu kali!*ngawur*
Kemaren ada cawapres yang anaknya kena kasus hukum dan ada forum di fb nyebutin kalo anaknya udah melalui proses hukum bla bla bla. Oke, fine. Kalo hukum udah bilang gini, kita terima dong. Yang eike gak terima *sape eloh* seinget gueh, Om Hatta gak ngejewer anaknya. Ngejewer dalam arti. Okeh, dikau anakkuh tapi semua harus sesuai proses hukum. Biar keluarga korban maafin, dikau harus dihukum. Satu, karena bapak pejabat negara yang harus memberi suri tauladan kepada rakyat. Dua, dikau baik sengaja atau gak sengaja menghilangkan nyawa orang. Paling gak buat anaknya sadar kalo tindakannya gak baik dan menimbulkan kekacauan. Tapi nyatanya di depan publik Om Hatta seingat gueh malah memintakan maaf untuk anaknya. Iya kan? Jangan dong. Emang bener sebagai ortu Om Hatta bertanggung jawab tapi anaknya lebih bertanggung jawab. Udah akil muchtar eh, baliq kan? Udah punya sim kan? Noe, tarawa. Keluar dan minta maaf sama keluarga korban dan rakyat Indonesia. Om Hatta musti kasih pembelajaran. Gak boleh mengemudi selama 400 taon. Musti kerja sosial di panti asuhan selama 30 hari. Atau menjadi sukarelawan gunung meletus. Intinya kasih tauladan lah. Om Hatta kan pejabat. Kesempatan membuktikan bahwa di mata hukum semua orang sama. Emang ada sih yang namanya konflik status. Di satu sisi bapak di satu sisi pejabat. Silakan pilih mana yang didahulukan. Tentukan pilihan Anda sekarang juga Indonesia!! Tapi, siapa tahu sebenarnya Om Hatta udah ngehukum anaknya, gueh aja yang kuper *apaan siih* *dilempar jumroh sama pembaca yang budiman*
·   KKN
Serahkan pada KPK. Hahaha. Ini suliiit. Coba renungkan pertanyaan berikut ini *kayak soal lks ih*
Wahaiii para mahasiswa, apakah dikau yang mendengung2kan semangat anti korupsi tidak mencantumkan biaya lain2 di proposal kegiatan? Apakah dikau menyajikan proposal apa adanya? Gak ada penggelembungan anggaran? Biaya pembicara dengan tarif 1 jeti ditulis 1,5 jeti dengan alasan siapa tahu ntar kurang.
Wahaaai para karyawan di seluruh perusahaan, apakah ente gak pernah nonton serial drakor pas jam kerja? Apakah ente gak ngeprint buku panduan acara pernikahan, buku yasin, skripsi, thesis, lirik, angpao lebaran menggunakan printer, kertas, dan tinta perusahaan? *eike pernah yang lirik sama angpao entu**dikiit kook**pledoi**isin*
Wahaaai para stakeholder sekolah apakah dikau tidak mengirimkan jatah ke diknas gegara bantuan dari pemerintah pusat goal? Apakah dikau selalu mengajar tepat waktu, tepat sasaran, dan penuh dedikasi? Apakah engkau pernah menolak memasukkan saudara menjadi guru WB?
Wahaaaii para masyarakat apakah engkau tetap menerima uang dari calon lurah, caleg, capres? Apakah engkau hanya mau memilih kalo ada uang? *well,im so sorry i ever do* *milih yg kasih uang* TT_TT Gak lagi2 dah. Jeongmal!
Eike emang gak setuju sama pernyataan bahwa korupsi sudah membudaya. Lebih tepatnya membiasa. Belum sampai budaya. Bahaya kalo udah membudaya. Gueh belom nemu ramuan tepat buat ngilangin epidemi ini *jesongeyo*.
·   Kesehatan
Inih!! Ini juga perlu dijadiin program! Kenapa pusing membuat program tetek bengek mengenai kesehatan? Kenapa riweh soal kartu sehat? BPJS? Jamsostek? Jambret kurang ajar? Just stay healthy! Do some exercise, dude! Makan yang wajar. Jaga lingkungan ojo kemproh jorook sodaraah! Paling gak kita melakukan upaya pencegahan. Kenapa gak bikin program “Everyday Exercise” jadi tiap pagi setiap warga masyarakat baik yang suka molor suka begadang suka stalking pujaan hati musti kudu wajib olah raga! Makan2an yang sehat bergizi bebas zat2 berbahaya! Dan hindari stres berlebihan. Ini fungsi kemenkes kan? Kasih sosialisasi dong ke masyarakat  biar masyarakat sadar hakikat makanan itu apa. Bagaimana metabolisme tubuh kita. Apa peran dokter sesungguhnya. Untuk posisi menteri bakal uhuii kalo yang megang dr. Tan Shot Yen *kkk*. Ini ya kalo dr. Tan jadi menkes, perusahaan minyak bakal ngamuk. Perusahaan tepung terigu bakal ngobrak-abrik muka gue. Perusahaan susu bakalan nenggelamin gue di lautan susu. Para dokter dan pabrik obat kimia bakalan ngejambak alis gueh *kkk*. Serahkan pada dr. Tan dan semua akan berees. HAHAHAHA*ketawa elegan*.

Emm, apa lagi? Kependudukan? Tenaga Kerja? Teknologi? Anak? Lain kali. Gueh takutnya postingan ini bakalan masuk muri saking panjangnya ebrelan gueh. Hahaha. Intinya bekerjalah dengan sebaik-baiknya dan banyak2lah nonton tontonan menginsiprasi macem drakor entu, jangan nonton sinetron di tipi nasional. Bahaya! Idup eloh bakal terperangkap dalam jebakan tangis nan memabukkan.

Kampanye
Sebenarnya kampanye yang oke, santun, bener itu yang kayak giman siih? Terus terang eike gak suka pas denger Pak Jokowi sibuk klarifikasi soal isu macem menghapus sertifikasi guru *hapus aja napa? Ganti sama fasilitas diklat, seminar, ato pelatihan* Trus sama asal usul beliau. Tampaknya Pak Jokowi kepancing dengan umpan dari tetangga sebelah *sebelahmu guediii*. Tidaak, itu tidak benar. Memang benar perlu klarifikasi, memang bener perlu penjelasan tapii gak tiap hari kelees *gueh gak percaya gunain kata alay keles entuh**tampar diri sendiri*. Bagaimana kalo pas kampanye baik Om Bowo atau Pak Jokowi mengemukakan keoptimisan membawa Indonesia menjadi bangsa yang lebih baik. Gue bayangin Pak Jokowi berorasi macem:
”Ayo bapak2 kalo ibunya sedang repot bantuin dong nyuci piring. Ini namanya pembagian tugas. Distribusi tugas! Setuju ibu2?”
Orasi entu ngarah ke kesetaraan gender yang eike yakin langsung disambut teriakan histeris ibu2 di seluruh dunia Indonesia. Mereka akan mencoblos Pak Jokowi dengan semangat ala penggemar kpop nyambut idola di bandara.

Atau bisa juga macem ini
“Besok kita lari bersama sodara2! Biar sehat! Kalau kita sehat kita bisa bekerja dengan baik. Gak perlu ke rumah sakit! Bisa kumpul sama anak. Bisa musyawarah jadi masalah dapat terselesaikan dengan gemilang!”

Orasi yang entu mengarah ke kesehatan sekaligus mengefek *kata apa itu?* pada hubungan kemasyarakatan macem pendidikan anak dan  hubungan sosial.

Gue juga berharap Om Bowo berorasi macem ini:
 “Siapa yang mau jadi pengusaha? Kita adakan latihan jadi pengusaha! Kita akan beri hadian yang memiliki ide kreatif! Kita akan bersama-sama mencetak 1 juta pengusaha setiap tahunnya!!!”

Orasi entu menumbuhkan kemandirian sekaligus mendorong munculnya pengusaha yang dibutuhkan oleh negara. Plus mengurangi pengangguran! *salam ijag ijug*
Orasi lain misalnya:
“Siapa yang kesal tari tradisional kita diaku2 oleh negara lain? Siapa yang marah karena ada pulau kita yang dicaplok negara tetangga? Mari kita menjadi pribadi yang tangguh. Menghargai budaya dan menjadi prajurit TNI yang berintegritas sehingga hal2 itu tidak akan terjadi!”
Orasi yang berefek pada budaya dan pertahanan negara. Udahin dong yang kampanye saling serang. Sekata agama dibawa, suku dibawa, keturunan, anak sekolah di luar negeri, kuda yang harganya miliaran, gak punya istri, kurang makan, pemecatan, disetir ketua umum partai bla bla bla. Hal2 yang tidak menyasar pada tujuan untuk membawa Indonesia ke level atas dan mampu menjadi bagian dari dunia malah jadi fokus. *ini salah eloh, Kyu! Karena telah mencuri hatiku**pening taktertolong*.
Jualan macam: Dulu saya begini jadi udah terbukti. Well, kita akan dihargai dengan apa yang kita lakukan sekarang bukan apa yang pernah kita lakukan *dikutip dari buku Setiap Karyawan Harus Baca Buku Ini by James Hwee* atau jualan:”Saya akan menaikkan fasilitas dan gaji pejabat agar tidak korupsi. Kata temen isoh modiar negoro ne nek corone ngono, pak. Lakukan kampanye dengan sedikit positif, juseyo! Om Bowo, Pak Jokowi marilah kita membakar optimisme masyarakat bahwa siapapun yang akan dipilih rakyat bakal menggerakkan mereka menjadi manusia berkualitas dan berakhlak mulia. Amiin

Well, yang jelas kembali pada niat. Yang penting jangan jadi orang jahat deh. Tau kan ukuran jahat atau tidak, melakukan kesalahan atau tidak. Eike yakin tiap orang tau kok batasan salah benar jahat baik. Gak perlu dikasih tahu. Begitu eloh merasa ini gak bener jangan lakuin. Bukankah kita punya hati nurani? *okesiiip*

Btw gueh nulis sambil ngedengerin tetangga ngebahas judi Cap Ji Kai. Sialaaan! Masih eksis juga tu judi nomor! Mana pakde gueh jadi salah satu tokoh Cap Ji Kai! Buyaaaaa???? Gue tulup pake tulup nagasaki hirosima besok!

See yaa! Next, kita akan lakukan resensi eh, kupas tuntas kedua calon presiden, plus minus ping poro *kkk*. Postingan ini murni merupakan bentuk pengabdian gue sebagai salah satu penulis nasional Indonesia *diih! Pede bingiiit* dan tidak ada tendensi mengarahkan pemirsa budiman untuk memilih salah satu capres. Beta hanya mengarahkan para pembaca untuk menghargai orang lain, gak saling menyakiti, dan saling menyayangi layaknya kami berdua *eike dan Kyuhyun-red* *pening taktersembuhkan*.

No comments: