Saturday 20 June 2015

Sadranan

Kok bisa ya dolo gueh sangat bersemangat banget buat ngeblog bahkan udah ngalah2in orang kecanduan whatsapp-an tapi sekarang males? Ide sih banyak tapi a will *cailah* buat mengeksekusinya selalu kalah sama tidor, nonton drama korea yang makin di tonton makin banyak stoknya, dan ini yang paling utama, modem yang aduhai lemotnya.
Indah kali ya kalo ada mesin yang bisa langsung ntransfer apa yang ada di pikiran menjadi tulisan? Haha. Ntar tinggal edit2 doang. Haha. Bdw *baca badewe-istilah dari IGnya Sj__94*...
Selamat Puasa!!!
Makan secukupnya, inget gumpalan yang ada di perut *nasihat untuk diri sendiri*. Udah hari ke-3. Hari ini hari minggu, rencananya gue mau ke Jogja, kulakan serial drama dan all about Kyuhyun n SJ *teteup*. Gueh juga berencana ke Amplaz. Nyari kolor. Iya, emang gak penting. Ini rencananya. Entah kalo ntar hasilnya cuma ngejogrok di rumah. Nonton tipi atau drama. Duh, idup gueh T_T. 
Tradisi menjelang puasa di hometown gueh *emm* adalah Sadranan. Baca Alquran *bapak2* dan semacam kenduri di makam *gue dan sepupu*. Sebelumnya besik desa alias kerja bakti membersihkan lingkungan makam. Intinya sih ngumpul, doa, kumpulin dana buat pembangunan desa, dan makan2. Dih, pengetahuan gueh! Padahal pas sahur, nonton Sholawatan Maiyahan Cak Nun tadi udah diwanti2 mengenai pemaknaan. Ngeliat, ngejalanin doang tanpa makna. Syedih. 
Sadranan. Dolo sih pas kita2 kecil abis selesai doa langsung pada teriak,"Ji Ro Lu, Wuuuuud!!" Itu adalah kode untuk memenuhi kantong kresek item kita sama buah dan berbagai makanan yang tersedia. Itu adalah kenangan yang gueh inget. Indah! Mungkin kesannya barbar tapi itu seninya! SENI! Sekarang seni itu diganti sama update di Path berharap si dia ngeliat update-an kita yang mana ketika si doi udah ngeliat, langsung sujud sukur. Jelas itu bukan gueh banget. Oke, emang gue itu.
Mungkin tradisi itu tidak lama lagi akan ditinggalka. Ato masih tetap akan ada selama kita manusia tetap menginginkan kebersamaan atau mengulangi lagi pengalaman menyenangkan kumpul dan makan sama2. Semoga anak gueh kelak masih bisa mengalami sadranan. Amiiin. Sebelum sadranan pada siang harinya, gueh udah kerja rodi menjadi anak berbakti dengan mengantar makanan ke tetangga. 
Nasi sambel goreng ayam bakar dan kerupuk. Cukup buat sarapan.
Itu ayam hasil kepetan gueh loh! Nasinya juga gueh yang ngebentuk jadi gunungan unyu2 itu. Biasanya reaksi tetangga kalo pagi2 udah nganter makanan entu adalah mengeluarkan frase yang sama,"Gak tidur semalam?" "Sopo sek ngewangi?". Tidur lah kita. Masak cuma gitu doang begadang? Nonton drama korea aja yang jelas2 surga dunia gueh ogah begadang, apalagi masak2 gitu. Gak perlu begadang anda2 sekalian hanya perlu melakukan kegiatan mencicil! Bikin sambel goreng malemnya, goreng kerupuk sehari sebelumnya dan buat nasi n ayamnya tinggal bangun diri hari. Gak lebih. Dan gak perlu melibatkan koki andal dari Hotel manapun. *sedikit songong*. 
Okeh, please welcome! Sadranan!
Poto untuk keperluan Path Blog
hayolooh mau duduk di manaa???
Ya alloh, Alma sudah lapar ya Allah
Berdoa agar kegiatan menyerbu tenong berlangsung lancar
Es teller yang menggoda iman bidang diet gula
Buaah! I just fine eat this. No worry at all
Di seberang ada es buah. Hayo pilih mana? Kubu es teller ato es buah?
Bu Last bersemangat menyuapi anak sekaligus ngegosip. Kemampuan Multitasking yang luar biasa. Dan abaikan mas Bowo yang tampak banget pengen difoto
Pokok e mangan. Pokok e mangan
Nyemil stobeli sama ponakan aja udah bahagia. Who needs boyfriend? *MEEEH*
Muka muka bahagia hanya dengan sepincuk nasi sambel dan ayam bakar
Oiik memasukkan secuil snek dengan syahdunya
Bapak bergaya ala Gogon
Sadranan tidak lengkap tanpa selca bersama ponakan
Sifa dan maknya. Aihh, cantiknya ponakan ini. Mirip biaanget sama tantenya :)
Ternyata bisa juga gueh posting di tengah kemalesan luar biasa yang mendera. Haha. Lets continue tommorow or tonigh. Haha. Sudah terlalu lama gueh ngebiarin draft Supershow di folder. See you bye bye.
NB: 
Ji=Siji=Satu
Ro=Loro=Dua
Lu=Telu=Tiga
Wuuuuud=aba2 penggugah semangat menyerbu tenong makanan dan buah di depan kita
Jadi Ji Ro Lu Wuuuud merupakan frase indah yang elo rindukan di masa2 alay menunggu Mr. Charming datang membawa es krim hula-hula sambil meraup buah dan snek sebanyak  mungkin! 

2 comments:

Bibi Titi Teliti said...

Mikaaaa...
Nge-blog memang ada dinamikanya...
Kadang semangaaat, tapi yah kadang males..
Asal jangan kelamaan aja malesnya hehehe...

Duh, seru sekali sih acara sadranan di tempatmu ituuuuh :)
Pengen ikutaaan!

mikaw said...

Pengen ikutan makan maksudnya teh? haha. Iyah teh, dinamika naik turun up down wi aaar wiiii wiii aaar-nya exid lah. Makasih ya teh