Friday 12 July 2013

Girls in the City Season 1: Baturaden, Sanggaluri Park, dan Owabong



Orang bijak tidak akan lupa untuk menceritakan pengalamannya, meski udah lama kejadiannya, Jadi kali ini eike bakal ngepost soal jeng-jeng beberapa waktu *iya, bulan* yang lalu..Postingan ini pernah eike pakai buat ngelamar di penerbit Bentang Pustaka, di posisi editor travelling. Sayang gak ada follow up-nya..*Agak kecewa juga sih soalnya Bentang aku pikir gak transparan. Katanya diposting di blognya, tapi seingetku aku udah cek ke blognya dan gak ada pengumuman soal itu*
Gak papa lah. Biar saja itu urusannya dia sama Tuhan *Tapi tetep, bete juga*. Okeeh! Kita lanjut ke cerita intinya.. Kalau kata bibi titi teliti, cukup sekian intronya. Langsung cekidot the main couse!!
 
Hari pertama
       Setelah lama ditunggu-tunggu, manajer mengumumkan bahwasana kantor bakal refreshing ke Baturaden pada hari Sabtu! Agak shock juga sih, soalnya manajer ngumumin hari Jumat pas meeting. Awalnya rencana refreshing kan abis penilaian sejarah, E, sampai Oktober 2012 belum juga ada tanda-tanda bakalan refreshing. Padahal penilaian Sejarah dimulai ketika aku masuk kerja tahun 2011. Daebak dah! Rencananya refreshing mau ke Baturaden. Ntar nginep di penginapan, baru minggunya hepi-hepi di Baturaden. Karena mendadak, ada beberapa temen yang gak bisa ikut. Si Widya gak ikut karena ibunya gak ada yang nemenin. Erna Eonnie, Sesaeng Eonnie, mau ada perayaan di gerejanya. Ada juga Mas Yudi yang anaknya sakit. Mama Lia juga gak ikut karena keluarganya ke Jakarta. Walhasil, kurang seep karena biang kerok dan ribut, Erna Eonnie gak ikut.
       Kita berangkat siang setelah jam kantor. Agak gimana gitu ya, mau refreshing, tapi masih kerja paginya. Yang ada suasana kantor udah gak kondusif buat kerja, lebih kondusif buat ngerumpi. Padahal, itu posisi masih pdf Detik UAN 2012. Lucu emang. Menjelang siang, manajer tercinta menyuruh sebagian untuk ganti baju, termasuk aku  karena udah keliatan gak ada gawean. Okelah. Mbak Tri malah izin pulang duluan buat mempersiapkan anak dan keluarganya. Ketika pesenan makan siang udah datang, semakin tidak kondusif lah suasananya. Yang bikin heran, kenapa gak langsung makan siang? Malah tu boks makan siang dibawa lagi keluar, ke bus. Yakin, si nasi pastilah protes berat karena dipontang-pantingin tanpa tujuan. Dugaan awal sih, tu nasi ngepres, cuma buat yang ikut piknik. Yang gak ikut kagak kejatah. Ampun dah.
       Selesai ibadah, rombongan mulai turun dan berjalan beriringan ke bus. Yaelaah, ternyata busnya diparkir 100-an meter dari kantor. Apa pula ini? Panas-panas bawa ransel segede gaban musti jalan lagi? Tambah shock waktu liat bisnya, Ajib!! Itu bus Jogja-Solo apa bus pariwisata sih. Si Widya yang gak ikut ,sms dengan khawatir gini “emang bener itu bisnya? Gak salah? Liat aja dah bikin mabuk”. HaHa. Sial. Bodo amat lah, dengan semangat piknik gratisan, naik dah kita. Sambil nunggu temen lain, makan siang dibagikan. Langsung dah kita santap. Daripada ntar pas bus jalan baru makan? Mana asyik?
       Pukul 13.00 WIB lebih, bus mulai berangkat. Tour guide menyapa kami dan membimbing doa. Perjalanan ke Baturaden pun dimulai. Menit-menit pertama, kita semua masih belum nyadar situasi. Memasuki Prambahan, mulai dah... Gerah Boo!!! Alamak! Ne bus kagak ada AC-nya apa ya? Selidik punya selidik, dengan kaca setebel naskah Bank Soal, tidak ada aliran AC sodaraaa!!! Bisa-bisa melepuh ini nanti!
       Memasuki Yogyakarta, udara makin menggila! PANAS!! Si Diya, anaknya Mbak Nyun diajari sama ayahnya, Baba, buat ngomong,”Paak, AC-nya paaak!”. Lucu. Betenya sopir sama tour guide-nya stay cool. Memasuki Purworejo, suasana makin tidak terkendali. Lemak ditubuh sudah mulai mencair. Semua sibuk kipas-kipas. Apakah ini yang dinamakan rebusan masal bermodus piknik? Mbak Fina yang duduk di sebelahku memberi nasihat,”Sudahlah, cuy. Anggap ini sauna. Membakar lemak-lemakmu itu,”.
Aku cuma meringis, gak tau musti bersyukur ato gimana. Si tour guide dengan pede bilang,” Nanti kalau di Baturaden udaranya sejuk, kita gak perlu AC,”. WHOAAAT??? Dia becanda. Pasti! Ini tidak mungkin terjadi! Aku dan yang lain cuma melongo. Emang bener di Baturaden gak panas, lah proses ke sananya kan panas! Baba nambahin mending iuran lima puluh ribu deh biar tuker yang ada AC-nya. Yang lain ngangguk-angguk setuju. Sayang, gak bakal terwujud.
Kondisi Pak Tri sama Mbak Nyun sungguh mengenaskan Sodaraa!


Untunglah kita beberapa kali berhenti buat buang air kecil, ngisi bensin, sama makan. Agak menolong juga sih. Waktu di perhentian pertama, si manajer sempet ngajak foto-foto kita yang sedang duduk. Ayo ajalah. Lumayan oke ane disitu. Hahaha. 
Eike lumayan kecil lah di situ *kkk*


Abis itu makan dan sembahyang di salah satu rumah makan. Udah malem, sekitar pukul 18.00 WIB. Kita nyampe di penginapan (lupa namanya) dengan udara yang sejuk (Iya jelas, di kawasan dataran tinggi sih). Aah, lega dah nyampe dengan selamat. Sampai di penginapan, tour guide bagi-bagi kamar. Yang udah berkeluarga dapet kamar di bawah, yang belum atau gak bawa suaminya kayak Mbak Fina musti ngelanjutin pake shuttle bus ke kamar yang ada di atas bukit kecil. HaHa. Ada 15 orang yang diangkut langsung satu kali pake shuttle bus-nya.. Eko, Tata Letak langsung ganti profesi jadi kenek. Emang cocok sih. 


Begitu dapet kamar, langsung dah aku sama mbak Fina masuk. Kita yang lajang aja buru-buru masuk, apalagi kayak Mas Agung, Mas Yuniar gitu. Double buru-buru! Aah, kamarnya lumayan lah, lumayan kotor, di pojokan terutama. Apa ini efek piknik gak bayar ya? Hiks. Mbak Fina memutuskan langsung mandi. Dengan pedenya dia bilang,”Cuuy, jangan mendekat lo ya. Pintunya gak aku tutup,”. “Yaaa,”jawabku. (Tu ahjumna penakut apa mau show off sih?).
       Selesai mandi semua, kita bedua bingung mau ngapain? Mau keluar, kayaknya yang di luar pada adem ayem. Mending tidur kali yaa. (Keputusan yang salah! Kalau tidur di rumah juga bisa!!Arrggg!!!)

Hari Kedua
       Pagiii!!!!!
       Subuh-subuh mulai dah aku bergerilya ke kamar Fenti sama Kikil. Mbak Fina masih menikmati tidurnya, soalnya dia gak salat. Abis salat, kita berempat jalan-jalan sambil ngemil. Naik jungkat jungkit, ke kolam renang, sama ke kamar yang derajatnya lebih baik dari kamar kita (lebih okelah pokoknya). Setelah puas keliling, kita kembali buat mandi dan siap-siap. Pukul 07.00 WIB semua siap sarapan. Menunya rawon dan telor asin. Lumayan buat ganjel perut.
Mejeng dulu sama emak-emak sebelum sarapan


Setelah semua kenyang, perjalanan lanjut ke Baruraden. Yeiy!!! Sesi foto-foto dimulai...

Mana?



Bentar..




Proses...




*sweatdrop *





Besok aja yaaaa...


Besok biarkan foto yang berbicara pemirsaaaah!

Daaaag



No comments: