Thursday 11 July 2013

Satu ato dua tahun lagi???



Ne postingan cerpen kedua eike...
Buat hiburan cuy saat ramadan...
Selamat membaca....
Satu atau dua tahun lagi ?

“ Nak, kamu kapan to lulusnya?” tanya mama padaku
“ Mama tu gak sabar pengen nyarter bus buat ngangkut keluarga besar kita,” lanjut mama
“ Mamaku yang cantik setelah Titi DJ, sabar dong… bentar lagi Reza juga lulus,” gw ngomong antara sadar dan gak sadar
 Gw lulus?? Serius?
“ Lagian ngapain seh mama pake ngajakin keluarga kita ke acara kelulusan Reza? Mau ngapain?” protesku sambil ngaduk adonan brownies.
Emang dari tadi pagi gw tu diseret mama ke dapur buat ngebantuin bikin brownies yang gw yakin ntar bikin satu RT bersumpah gak mau makan brownies lagi. Brownies buatan mama tu satu tingkat diatas bikinan siswa sekolah kejuruan yang baru masuk pertama kali. Rasanya tu cuma terigu plus coklat doang!
Lagian dari dulu udah dikritik tapi tetep aja nurutin naluri kekokian yang gw yakin musti harus kudu wajib must really truly madly diperbaiki!
Sampe si junior, kucing gw, ikut- ikutan protes dengan cara mati- matian nutup mulutnya pas gw kasih tu brownies, padahal junior kan tukang icip nomor satu, nomor duanya gw! Moga- moga gak kebalik urutannya. Hah!
Satu- satunya alasan yang paling masuk akal gw mau bantuin mama tu karena gw ngerasa gak enak gila soal kuliah gw yang sumpah kalo bisa gw keluar ajah, jadi tukang siomay ajah gak papa, asal kaya! Maunya seh.
Bayangin, Satu angkatan temen gw semua udah lulus dari tahun 2007! Sedangkan gw? Sial! Cuma jadi kenek kereta mini yang ngangkut mahasiswa/i yang abis wisuda dari tahun 2007 sampe sekarang! 2009 man!!!!
Gw gak tau apa ya yang salah ma gw,padahal si Ucup, temen tidur gw,eh, maksud gw temen tidur di kelas yang sama-sama pinter molor tapi gantengan gw, udah dari tahun 2008 ngucapin salam perpisahan ma gw! Pake ucapan,” Reza, mulai sekarang kamu tidur sendiri ya. Atau bikin audisi Reza cari temen tidur baru, aku gak papa kok,” ucapnya pas sesi poto- poto yang aslinya bikin gw pengen ngobrak-abrik dekorasi yang meriah banget!
“ Reza…”
“ Hah? Apa Ma,” mama membuyarkan khayalan- khayalan yang gak penting gw
Mama menatapku lekat- lekat, gw natap dengan perasaan gak enak, jangan- jangan mama sedih dengan ucapanku
“ Adonannya udah selesai?”
Hyahhhh!!!
“ Bentar lagi,mungkin,” jawabku asal, mama tu kebiasaan seh nanya pertanyaan gak penting di saat yang gak penting. Nah lo, apa tu?
“ Aduh, kata yang indah…bentar lagi… andai tu kata buat wisuda kamu alangkah bahagianya mamamu ini, nak,”
Alaaah, mama lebay dah
“ Iyaa, tapi gak usah ngajak semua keluarga ya…” pintaku melas, kayak udah jelas kapan gw wisuda aja
“ Harus dong, tu kan peristiwa penting! Sekali seumur idup kan?”
“ Ya gak dong, siapa tau Reza ngelanjutin ke S2, ato S3 mungkin?” kataku lagi- lagi dengan keyakinan yang parah banget
“ Reza sayang… kamu tau itu gak mungkin kan dengan kepayahan kamu nyelesain S1?” mama bilang dengan suara pelan yang tetep aja mampu bikin semut nertawain gw! Dan bodohnya lagi malah gw ngangguk- angguk nyetujuin. Dimana seh harga diri gw!!!
“ Udah ya, Ma. Reza mau kuliah nih,” rengekku
“ Ya udah sana siap- siap,”
Gw langsung melesat kekamar
“ Maaa…pamit. Salim dulu,”
“ Ati- ati dijalan ya, nak,”
Nah lo, ne dia penyebab kelulusan tertunda gw yang pertama : pesen salah mama, mustinya kan ati- ati dijalan ya, nak. Jangan lupa belajar yang bener, rajin, merhatiin dosen ya.
Masak cuma disuruh ati- ati dijalan? Karena gw anak penurut, ya gw ati- ati dijalan. Di kelas? Ya kalo gak tertarik ya bobok. Hahaa

Abis markir motor butut warisan Yang Kung, gw bergegas ke kelas.
Statistik again!
Kenapa seh, gw gak lulus- lulus mata kuliah ne? apa salah dan dosaku ya Alloh??
Udah lebih dari 4 kali gw ngulang statistic lanjutan. Ini nih penyebab kedua gw kagak lulus- lulus. Padahal ne ya, sumpah I love Andy Soraya ( Gw ngefans abis ma doi, Hollywood banget lah), gw udah tau luar dalem statistik! Gimana enggak,tiap tahun gw musti ngulang kuliah statistik. Gw yakin dengan seyakin- yakinnya, gw bakalan menang kalo diadu ma jagoan statistik Indonesia, yang udah pake gelar Ph. D juga kagak takut! Gw mau balas dendam, mau bikin kantor yang ngurusin soal statistic kayak lembaga survey gitu. Nama kantornya juga udah gw pikirin. Yeah, namanya Pembuktian Reza’s office! Tapi pas gw kasih tau ucup, dia langsung nyaranin buat ganti nama. Katanya dengan muka kayak curut, “ Reza, lo tu mau bikin lembaga survey atau novel?”
Sialan tu anak!
“ Reza!”
Gw noleh,” Waduh, gw lagi gak pengen berdiabetes ria ma Pak Budi neh!”
“ Bantuin Bapak. Kamu mau ke kelas statistik kan?”
Gw meringis, kata yang gw benci, kelas statistik!
“ Pak, saya kok gak lulus- lulus di kelas bapak ya?” pertanyaan yang udah berjuta- juta kali gw tanyain ke Pak Budi, ketua Jurusan sampai Junior. Jawabannya paling sama, kecuali Junior yang ngeong sok lugu.
“ Sabar to, Za. Kamu musti belajar lebih rajin,”
Udah gw tebak! Persis kayak jawaban yang lalu, kagak kreatif banget. Mbok ganti kek, misalnya Reza, kamu lemah dalam teknik sampling atau validitas atau apa kek, jangan disuruh sabar mlulu. Lama- lama gw dipanggil Reza si sabar banget ntar. Kurang asem!
“ Tapi kan,Pak. Selama ini saya sangat rajin, ya kecuali pas sesi penjelasan, itu pun karena saya udah berkali- kali denger teorinya. Lagipula saya sering bantu bapak bawa- bawa barang bawaan bapak. Saya iklas kok,pak bantuin bapak. Gak pamrih. Sumpah deh. cuma ngarep dikit biar nilai saya B. C juga gak papa deh,” Biarin ngungkit- ngungkit kebaikan gw, asal lulus. Udah empet gw masuk kelas statistik.
Dan seperti biasa, dumelan gw disambut dengan senyum manis yang katanya dahsyatnya bisa bikin Julia Robert cemberut. Gak ding, gw yang hiperbol.
Ketika sampai dikelas, gw yang biasanya ambil kursi paling belakang langsung duduk di depan dosen pas. Biarin, gw mau pelototin Pak Budi mulai sekarang. Mau tau gw, sapa yang lebih betah : gw ato Pak Budi.
Nekat- nekat dah, gw udah putus asa banget ma kelas ne! gw udah mantebin hati gw kalo cara ne gak berhasil gw mau nyembelih kambing buat tumbal! Gw Mau santet Pak Budi biar ilang ingatan, biar gak bisa ngajar lagi. Hahaahaa. Rencana yang sempurna dan bakalan bikin gw ngejogrok dengan sukses di neraka!!!
“ Silahkan kerjakan soal ini. Kalau udah selesai langsung serahkan ke saya di kantor. Inget Kumpulkan sendiri- sendiri,”
Membosankan!
Mending gw cepet- cepet ngerjain lah. Bisa langsung cabut!
Gak nyampe 10 menit gw udah bisa ngerampungin soal cemen gitu! Emang cerdas gw.
“ Kak, liat dong,”
Gw menoleh ke belakang, ada adik tingkat cewek dengan muka kearab- araban melihatku, emm sebenarnya melihat kearah kertas kerjaanku sih.
“ Emmm…”
“ Gak!!”
“ Kerjain ndiri,” tolakku tanpa perasaan
Biarin, enak aja, ntar gw doang yang gak lulus. Kalo dia gak lulus kan lumayan buat pemandangan. Bener- bener cerdas gw!
Dengan muka songong, gw mengedarkan pandangan ke seluruh kelas. Biar pada tau siapa sebenarnya Reza Rudyansyah.
Rasain lo pada!
Palingan dulu pada mikir gw mahasiswa abadi bodoh, tolol plus menderita.
No way ya!!
Sambil bersiul gw pergi ke kantor dosen
“ Jadi gimana ini, pak? Sepertinya Reza sudah mulai putus asa soal kelulusannya,”
Hah? Tu kan suaranya Pak Budi ya?
“ La bukankan itu yang kita inginkan?”
Suara Ketua Jurusan neh!
“ Saya mulai kasihan pak sama Reza,”
“ Apa Pak Budi lebih milih kita yang kerepotan ngurus tetek bengek tanpa bantuan Reza?”
Pada ngomongin apaan seh? Bingung gw!
“ Ya tidak, Pak,”
“ Oleh karena itu, Reza jangan bapak luluskan semester ini, minimal 2 tahun lagi lah,”
APAAA????
Langsung gw masuk bak Superman mencari Srikandi!
“ Pak Indra! Apa maksud bapak?” teriakku sengit sekaligus sedikit kaget mendengar suaraku yang ternyata gak marahgenic. Maksudnya gak banget kalo marah gitu.
“ Reza!” Pak Budi gak kalah kagetnya
“ Jadi tertundanya wisuda saya itu gara- gara konspirasi menjijikan anda berdua? Huh!! Saya gak menyangka. Dibayar berapa bapak sama rival saya biar saya gak lulus?” tanyaku ngaco. Maklum, lagi naek genteng neh, panas!
“ Sabar dong Reza, satu atau dua tahun lagi ya. Biar Bapak puas dibantu sama kamu dulu ya,” Pak Indra sok ngebujuk lagi. Dikata gw murah apa?  Kedondong kale murah!
“ Iya, Reza. Dalam satu dua tahun ini, Pak Indra dan saya ngasih kamu kesempatan biar makin rajin ngebantu bapak ngurusi urusan kampus,”
APAAAA???
Sialan!
Tanpa basa- basi, tanpa salam apalagi senyum, gw langsung ke parkiran
Bener- bener ya tu dosen!
Awas ya!! Niat gw udah bulat! Gw mau ke dukun langganan tetangga gw, katanya mbah Bejo itu dukun paling laris. Kemaren aja dapet best branded, best award ahh, tauk best apaan. Yang penting gw mau kesana, gw bakal minta jampi- jampi yang maha ampuh buat nyantet mereka. Gw mau ubah Pak Indra jadi tikus, ntar gw suruh Junior buat nguber mpe klenger. Trus Pak Budi, mau gw jadiin Jangkrik ntar biar bisa gw adu sama Ayam Jago bokap!!
Enak aja gw dijadiin kuli gratisan!!
SUIAAALAAAAAAN!!!!!
Tamat

















No comments: