Friday 12 February 2016

3 Hari Hedon 3 Bulan Puasa

Selamat siaaang!!!
Hari yang menyenangkan ya? 
Hari ini adalah hari Jumat, hari ke pasar hari ngabisin uang lagi buat beli beberapa kebutuhan *gak nanya*. Sebagai calon ibu yang berkompeten, gue musti familiar dengan pasar, misalnya di manakah toko acil murah yang kita beli aja tanpa nawar langsung diturunin harganya. Si acil ini favorit gue dan mbak rara. Soalnya itu tadi, tanya musti nawar langsung turun harganya.
Gue   : Ini berapa cil?
Acil    : 25. 20 aja
Gue: *langsung sujud syukur*
Makanya kalo beli barang RT, jujukan gue langsung ke toko acil murah entu. Gak perlu nawar langsung turun harga! Emezing! 
Pasar tuh buat gue bagaikan memiliki dualisme. Satu sebagai tempat gue menemukan berbagai hal. Satunya lagi sebagai tempat pengeruk kekayaan gue. Kalo ke pasar, pasti deh tentengannya seabrek! Berguna semua sih. Tapi ya itu, boros. Yang sebenarnya gak pengen beli jadi beli dengan alasan, "Siapa tahu butuh?" atau "Buat persediaan deh,". Haha. Bener2 ibu idaman ya. Gue pastikan anak kita gak akan kekurangan makanan, Yah! *janji suci*.
Pasar. 5 huruf yang bisa dengan mudahnya mengamblaskan kekayaan elo. Emm, bukan salah pasarnya sih. Gue aja yang gak istiqomah. Haha. Nah, setelah selama ini terpuaskan oleh pasar Sungai Danau, kemarin libur Imlek, gue sama sejawat gue alias sodara Rara mengunjungi pasar terapung yang tersohor entu.
Haai, saya datang ke Pasar Apung Siring
Pasar terapung yang gue datengi sebenarnya bukan yang otentik di sungai Barito, tapi di Siring sungai Martapura Banjarmasin. Di pasar terapung sungai Barito datengnya musti puagi banget! Karena jam 8 WITA pagi udah bubar. Kalo pasar apung yang ini terletak sepanjang sungai Martapura. Satu kawasan sama Menara Pandang dan patung Bekantan. 
Rencana awal untuk libur Imlek kemaren sebenarnya gue pengen ke Balikpapan. Mengunjungi si Widya. Udah searching harga tiket ke Sepinggang. Gue udah mantap pake banget mau naik Sriwijaya. Daripada teler naik travel ke Kaltim, mending 300 rebong naik pesawat. Nah, pas mau nge-fix-kan jadwal liburan, si Widya bilang kalo doi ada acara pramuka. Nah loo. Gak jadi deh. Akhirnya BBM-lah yang jadi tujuan *Banjarbaru Banjarmasin Martapura*. Eh, giliran udah deket Sabtu, Widya ngabarin kalo doi gak jadi ada acara pramuka. Apa2an kamu, Wid. Bubur udah siap gue santap, gak bisa dimuntahin lagi *perihasa abal2*. Besok2 lagi ya cin widya. Haha. Kakak mau liburan ke Banjar dolo.
Kita bedua naik motor *gue dan mbak rara-red* layaknya miss independent mencari mr. independent *ngook*. Padahal 4 jam perjalanan #kitakuat #seterongpakebanget 
Kita berdua ke BBM dengan misi mulia. Menemukan yang tidak ada di Satui: MOL. Naah, abis perjalanan entu, ntar kan bisa laporan ke otoritas Satui bahwasanya penting untuk dibangun eMol di Satui. Biar perekonomian meningkat *masukan ngawur*. 
Gue merasa 4 jam perjalanan berangkat kemarin sungguh tidak ada apa2nya. Kebalikan dari perjalanan pulang yang aduhai lamanya. Berangkat pukul 11 dari Martapura, nyampe Satui pukul 5an. Gue udah feeling bakalan lama. Soalnya berat meninggalkan segala kesenangan duniawi di BBM entu. Mana mau perjalanan pulang itu perut gue mules, kepala cekot2, badan gemetaran dll *idih*. 
Pemandangan di sepanjang jalan
Kita berangkat dari Satui pukul 1 lebih. Mampir beli mantel. Baru nyampe di bengkel mau tambah angin, e, udah ujan aja. Alhasil, dari Satui sampe Bati-Bati kayaknya, kita pake mantel. Gak papa sih. Namanya mau hepi2 jadi ya oke aja. Mulai memasuki kota, kita memutuskan langsung ke Qmoll di Martapura #akubahagia
Sebagai umat yang budiman, setelah keliling di Matahari dan menghasilkan boneka plus sepatu kita sembahyang dolo. Gue SUKA sama musola di Qmoll! Akhirnya nemu mol yang benar2 gue banget! Aku handak di Martapura! Hahaha. 
Musholanya luas dan indah. Jadi gak mau pergi dari Qmoll deh
Makan mie bancir di Qmall 18 ribu. Minumnya akoa 3 rebu. Ya elah ngirit amat.

Makan udah. Keliling mol juga udah. Saatnya nyari penginapan. Niat awal sih mau nginep di Novotel atau paling gak Aston lah. Cuma ya itu, gue takutnya abis nginep di Novotel, gue bakalan menangis dua hari dua malam. Haha. Bokis abis. Udah kita nginep di penginapan Family yang dolo pernah gue inepi pas mau tes di Tanbu. Penginapan ini di Banjarbaru deket Bandara. Bisa dibayangin bro seberapa jauhnyaaaaa. Demi penginapan 100 rebong!

Ada tipi lo. Di kos aja gak ada. Yang bawah seperti biasa: tiada kesan tanpa cemilan
Sempet foto juga sama boneka Seulgi yang mau gue kasih ke anaknya Mbak Lita, Fiqa.
Merasa unyu foto sama seulgi
Set pukul 8 kurang kita check out. 

Martapura kami datang (lagi)!!!
Agenda di pagi itu adalah ke jalan Piere Tendean, Siring yang ada pasar apungnya. Di sepanjang sungai Martapura itu pasar terapung ada sampai siang. 
Sodara rara bertransaksi di pasar terapung

Banyak makanan! Asyiiknyaa!
Kita jajannya gak begitu banyak kok. Cuma ngabisin 30 ribu doang
Cekrek di atas klotok! Rasakan sensasinya bray!
Setelah puas keliling pake kelotok, kita jalan ke Patung Bekantan yang katanya jadi tujuan pariwisata baru. 
Ekspresi apa itu, tan? Bekantan?
Sok2an niru pose-nya si Atan. Bekantan
Di Pasar Terapung, kita emang sengaja gak jajan banyak. Cuma jajan kentang spiral sama kripik dari singkong yang dikasih gula. Sama manisan tebu. Kita mau ke Bang Amat yang soto banjarnya tersohor seantero negara Kalsel!
Rame!!!
Makan soto banjar ditemani sate ayam semakin membuat semarak suasanannya
Porsi separo. Ini enak sekali!
Kebahagiaan menyantap soto banjar dicederai oleh nota yang nyaris 100 ribu! Alamak! Enak sih enak tapi masak makan bedua abis 73 ribu? Pake pajak sih. Makanya mahal. Apa coba maksudnya harga makanan di rumah makan pakai pajak? Mustinya kan udah include ke harganya. #akubete
Karena enak, baiklah aku lupakan harga mahal itu. Haha. Abis dari Pasar Terapung kami cus ke Duta Mall di Banjarmasin *cihuii*. Niatnya mau nonton tapi antrian bujubuneng bro! Amazing panjangnya. Ya udah kita menenangkan diri di KFC, pesen float doang sama spageti dan duduknya udah kayak pesen wings bucket! Haha. 
Selesai nge-KFC kita ke Hypermart. Sok2an milih lock and lock dan gak jadi. Sodara rara bete berat dan merasa dikerjai. Haha. Dapet sprei sama attack. Sial, kirain attack-nya 20rebu dapat 3, e ternyata satu 20 rebo. Mana berat pula. Abis dari Hypermart, kita ke PH. Sialan. Keputusan yang tidak cerdas. Mustinya kan nongkrong di hypermart aja. 
Menu yang paling masuk akal harganya. Semacam sensasi deligh. 110 rebo bedua.
Apa artinya senyum2 di sana kalo akhirnya membawa duka, boy! Eh, girl!
Sebenarnya gue udah bertekad gak akan ke PH lagi abis nge-PH sama Damar dulu kala. Tapi entah gumiho mana yang merasuki gue trus akhirnya malah nge-PH lagi. Coba 110 entu gue belikan roti di Sireen! Bisa mabok roti kan gue. #Akunyesel #besoklagi #bebal
Setelah ngemol ampir 5 jam, kita cus ke Martapura. Sebelumnya ke Ramayana, dapet celana joger karena yang muat itu aja dan dapet kaus kaki biru unyu. Nyari sasirangan buat dikirim ke Jawa. Setelah dapat sasirangan seharga 100/bahan lanjut ke rumah Mbak Lita. Ngasih boneka ke Fiqa. Trus malah sekalian nginep di sana. Duh, maafkan aku yang terus merepotkan diri dan keluargamu, Mbak Lita
Paginya kami ke Guru Sekumpul setelah sebelumnya muter kayak gasingan nyari rumah sodaranya mbak Rara. Daripada setres nyari rumahnya paman Mbak Rara kita ke makam Guru Sekumpul aja dulu. 
Konsep ziarah di Guru Sekumpul ini mirip dengan di Masjid Agung. Gue rasa. Kita yang datang gak pakai gamis atau rok musti pake sarung. Kita juga wudu dulu. Trus minum. Seperti mbak rara itu. Abis itu kita baca Alquran. Trus menaburkan bunga ke sekitar makam. Kata Mbak Rara boleh kok foto. Jadi ya inyong foto2 sekedarnya. Di sekitar makam ada mushola dan rumah Guru Sekumpul. Gede banget. Gue jadi penasaran anaknya Guru Sekumpul di mana? Ya mana tau doi naksir dengan noona dari Satui ini *haha*.
Lihat muka Mbak rara pas minum itu
Yang kiri pusat jajanan. Yang kanan gue naksir berat. Aku handak bujur2 nah. hahaha
Abis ziarah, kita mampir ke rumah pamannya Mbak Rara yang mana dua anaknya sudah menikah. Satu usianya sama kayak kita satunya di bawah kita. Duh. Gue jadi pengen nyusul. Halah. Haha. Pukul 8 kita pamitan dan disambut dengan ketupat kandangan di rumahnya Mbak Lita. 
Ketupatnya enak sekali! Oppa harus mencicipnya dan hilanglah abs kebanggaanmu itu, Oppa! Hahaha
Duh, baiknya keluarga mbak Lita ini. Mana pas gue pulang masih disangu-i segala. Dikasih rambutan dan uang bensin. Gue gak enak banget. Tiap kali mau ngasih sesuatu, malah jatuhnya gue yang dikasih lebih banyak*hiks*. Gue mbales pake apa coba? Jeongmal Kamsahamnida, mbak Lita, abah, mama, Fiqa. Hanya Allah Swt yang bisa membalasnya. Amin. Semoga. 
Selepas dari Martapura mulai deh dramanya. Gue merasa berat luar biasa meninggalkan BBM. Gue merasa tempat gue di salah satu kota tersebut *muke lo jauuh*. Haha. Masak tiap kali liat SMA bawaannya bilang,"Aku handak di SMA itu,"*handak-mu guedi!*. 
Ya, life must goes on. Kalo gak kembali ke Satu dapet duit dari mana coba hedon2an kayak gini? Okeh, kita kembali jadi Venusnya Satui. Sebelumnya mampir dulu makan di Kalijo sama Taman Tetehan Labirin di Plehari, Tanah Laut.
Lumayan sebagai penutup kegiatan hedon kemarin
Apaan kami ni, baru 5 menit memasuki labirin langsung balik badan. Takut gak nemuin jalan keluar. Haha. Norak amat.
Udah sah! Udah pernah ke Taman Labirin. Besok2 ogiah kalo lagi.
Kita nyampe di Satui dengan basah (lagi) sekitar pukul 5. Perasaan kalo balik dari perjalanan itu lebih cepat deh. Tapi ini kok lebih lama? Apa karena beratnya perasaan meninggalkan BBM ya? Entah.
Demikian pemirsa. Kisah di Banjarbaru, Banjarmasin dan Martapura selama 3 hari yang hampir menghabiskan sekali gaji! Gue musti memperketat ikat pinggang! Ampe Mei gak bakal gue jalan2 kemane2. Biarlah para Oppa yang menghiburku di kala senggang. Haha. Tapi yang jelas hepiiii!!! 

No comments: