Friday 12 February 2016

Simple Cooking

Gue sebenarnya lebih hobi makan sih daripada masak *gak nanya*. Tapi memasak juga gak kalah menantang kok dari makan. Kalo makan kan jelas tantangannya, gimana caranya makan seenak udel elo tapi tidak menambah berat badan! Memasak juga gitu, gimana caranya bisa masak cepet, bumbu simple, dan tentu saja tidak ribet tapi menghasilkan masakah yang WAH! *ngimpi*. Gue stres kalo masak yang banyak bleketepenya, misalnya sayur bening. 
Oke, si bening emang cuma cemplung-cemplung doang, tapi pake bawang merah goreng, pake tempe goreng, telor ceplok ato ayam. Kalau mau makin teler bikin sambel kelapanya. Duh, tidak mau! TIDAK SUDI! Gue lebih suka yang semua langsung cemplung di satu wadah. Gak kuah sendiri, gorengan sendiri, pake sambel pula. Jadiin satu kan lebih asoy. Ya gak? *DASAR PEMALAAS!*
Favorit gue adalah sup2an Korea entu. Gue merasa takjub gimana satu masakan itu sudah mampu membuat iler gue kemana-mana. Favorit banget deh masakah korea yang kuah2 itu. Bisa liat lagi di postingan gue di  sup2an
Jampong. Sup seafood yang menggoda abis. Berasal dari Cina sih katanya. Sumber: http://www.maangchi.com/wp-content/uploads/2008/11/jjamppong-pot.jpg
Menggiurkan sekali bukan? Praktis dan cucok sangat untuk wanita karier super sibuk fangirlingan macem gue ini. Tapi, kadang juga gue merasa terintimidasi kalo ada yang bisa masak masakan rumit plus pelengkapnya. Terintimidasi doang, gak pengen nyoba masak sendiri. Haha. Belom. Ntar lah kalo udah berkeluarga. Gue bakal pastikan keluarga gue makan dengan baik dan layak! Itu! Gue juga bakal bikinin bekal2 unyu kayak keluarga lain! A must! 
Tapi sementara, dalam rangka praktis dan kadang kalau kumat diet, asupan gizi dari makanan gue cenderung simpel nan cepet. Plus yang gak ganggu kegiatan fangirling gue tentunya.
Prinsip gue dalam memasak saat ini adalah yang penting gue doyan! Jadi mau seaneh apapun, gue tetep makan karena itu masakah gue! Ya iyalah. Haha. Dulu kalo pas masak di rumah, gue selalu  memuji masakah gue sendiri. Tiap kali abis nyicip-i, gue selalu bilang,"Enak!" sama ibuk. Ibuk ketawa aja. 
Pas masih di rumah, menu gue agak bervariasi mengingat kelengkapan bahan dan alat. Kalo pas di kos ini, gue kurang banyak berekspresi, paling mentok bikin nasi kuning. Tapi yakin, nasi kuning gue enak banget! Nasi kuning atul aja kalah! *sesumbar*. Ya udah, kita langsung liat hasil masakan gue selama ini.
Di bawah ini kisahnya adalah egg rolls. Telor dikasih sayuran. Setelah liat tutorial bikin egg roll, gue langsung nyobain. Lumayan gampang. Pengen bikin yang langsung dikasih nasi *APAAAH? NASI???*
Cuma beberapa kali buat, sayuran yang gue masukin kebanyakan. Jadinya ya kurang mateng dalemnya dan musti gue goreng lagi. Dan menu ini bakalan jadi salah satu menu bekal anak gue kelak! *tekad kuat*.
Karena terlalu gendut sayurnya, musti digoreng lagi
Critanya mau dijadiin bekal. Nyatanya dimakan langsung.
Menu berikutnya: makaroni telor. Abis kondangan tetangga, trus merasa jatuh cinta sama menu makaroni schotelnya. Enaak abis. Tapi karena gak tahu cara masaknya, ya di ala2 oseng aja. Makaroni, telor, dan sayur. Bumbunya? Bawang putih, garem, lada sudah cukup. Haha.
Antara praktis dan malas ini mah
Menu selanjutnya adalah ala2 Jepang. Telur yang dikukus. Ini mudah juga. Bumbunya apalagi kalo bukan bawang putih, lada, garam. Kocok telor campurin bumbu sama sayur trus kukus deh. Too easy! Haha.
Praktis tapi sehat! Tapi jangan kebanyakan garam.
Menu selanjutnya sudah tidak ada kamus diet. Otak-otak, bakso ikan, dan kwetiew! Bumbu andalan plus saus. 
Tanpa sayur pula
Kasih tempe dan kubis sebagai variasi
Berikutnya. Tibalah gue berada dalam masa2 nge-kost. Kondisi ini bagus untuk mengasah kemampuan masak gue dan seharusnya bisa makin fleksibel ngatur menu diet. Nyatanya? Angot2an. Kadang pengen diet ato ngirit? kadang pengen bikin menu macem2 sebagai persiapan jadi ibu rumah tangga yang baik dan budiman *halah pret*.
Menu di bawah ini adalah menu nasi kuning. Kalo ala banjar nasi kuningnya bertebaran ke mana-mana, kalo ala gue? Menggumpal bro! Maklum gue gak hobi makan nasi yang terpisah-pisah itu, cukup gue dan Kyuhyun aja yang terpisah, jangan nasi juga *heleeh*. Lauk di nasi kuning banjar biasanya telor atau ayam atau haruan atau tongkol masak habang. Gue? Seadanya bro! Ada telor kasih telor, ada kering kasih kering, ada terong balado kasih terong balado. Apa aja lah.
Nasi kuning this is it! Gue sukaa pake banget hasil masakan gue ini!
Next. Ini nama masakanya apa ya? Bahannya tahu, kentang, dan cabe. Bumbu seperti biasa. Tak lupa pake saus dan kecap. Yang jelas ludes juga. Haha.
Agak gelap karena pencahayaan yang kurang *terooos?*
Menu berikutnya adalah tempe krispi plus terong balado ala gue karena jelas bumbu balado gue abal2. Gak sesuai kaidah yang ditentukan. Cukup bawang putih, merah, tomat, dan tentu saja cabe. Terongnya gak gue goreng, cukup dipanaskan di teflon. Biar sehat-an dikit.
Tempe krispi sama terong balado made my day!
Sambal terong balado

Menu berikutnya menu lagi kumat diet. Modal rebus merebus sama bikin saus kacang instan. Tinggal kasih air. Wortel, kacang panjang, timun, dan tahu. Enak juga. Iya, kekuatan kost. Apa aja enak kalo anak kost tuh.
Sehaaat!
Menu selanjutnya yang berhasil gue masak adalah sup modifikasi. Masih ada kacang panjang, ada kentang, telor, dan tentu saja tahu. Bikin kuah sop, masukin semua, matang, dan makaaan!
Tetap abiis meski bentuk aduhai cantiknya macam itu
Menu terakhir yang paling simpel dari yang tersimpel. Gue punya kecap yang dibumbuin pake bawang merah putih cabe gula garam. Naah itu yang gue gunain sebagai bumbu untuk menumis si tahu *lagi* dan kacang panjang *lagi*. Hasilnya? Memuaskan! Enak! Haha. Yaah, itulah seni jadi anak kos tanpa kulkas. Musti memasak bahan yang sama dalam beberapa hari. Haha. Seni broo! Seniii.
Abaikan keiteman doi. Rasanya oke!
Gue sebenarnya lagi niat mau diet GM. Cuma gagal tadi gara2 si nasi padang. Oke, kita mulai dietnya besok! BESOK!
Sekian pemirsah. Begitulah update-an gue kali ini. Semoga tercerahkan!


 

No comments: