Tuesday 2 February 2016

Januari oh Januari

Beberapa hari ini gue selalu terbayang rumah, apa ini yang dinamakan homesick?*PAKE NANYA????*. Ah, bodo dengan homesick2an entu. Gue emang kangen rumah, ngebayangin kalo pulang kerja ngrusuhi kurcaci2 yang beli di warung mak gue, dan sejuta angan yang bikin rusuh pikiran. Kalo kangen emang napa? Elo mau pulang sekarang? Elo mau bangkrut sebelum waktunya? Wake up, big girl! *marahin diri sendiri*.
Okeh! Mari kita mengisi waktu luang yang luber2 tapi gak paham2 hangul juga dengan update. Oia, satu lagi, wifi dua bulan kemaren di kos mati. Gue sebel. Tapi sekarang dah nyala lagi tapi gak leptop gak bisa konek. Udah itu aja #akutidaktakut #cumasedikitmerana
Tanggal 11 Januari kemarin, di saat Gigi kembali melantunkan lagu syahdu nan menyenangkan, sekolah mengadakan acara memperingati Maulid Nabi Muhammad saw. Agak telat sih, tapi kan mending daripada kagak? Lumayan loh, sehari gak ngajar. Bukannya males ngajar, tapi kan siswa juga butuh pendidikan dalam bentuk lain, gak hanya di kelas, tapi juga membentuk karakter seperti Nabi Muhammad saw. Iya gak? *Iyaaa, ibu*. #siswapintar
Maulidan pertama di Kalimantan. Biasanya gak pernah ikut pengajian karena lebih demen nongkrong di warung *umat minta digampar*. Ya itu tadi, daripada enggak sama sekali ikut pengajian, sekali kan lumayan *halah*. Senang juga ngelihat aksi siswa menepuk rebana, melantunkan syair islami. Chanyeol EXO kalah! SJ Kyuhyun lewat! Kali ini siswa gue yang lebih oke punya!*ehem*.
Teacher bangga nak padamu! BANGGA!!
Seperti biasa, keramaian kurang maknyus tanpa kehadiran makanan.*Makanan? Ada yang mengucapkan makanan?*
Oiii coy! Angkut semua coy!
Sistemnya tuh gak pakai piring kecil atau kardus yang seorang dapat satu kardus. Tapi semua makanan di taroh di piring. Alhasil suasana rusuh begitu saat makan tiba. Gue geli2 ngakak liat siswa yang kos memasukkan makanan dengan semangat ke tas! Terjawab sudah faktor yang melatarbelakangi kenapa beberapa siswa duduk bersila dengan tas yang nangkring dengan indahnya di punggung! #anakkospesta #kamisenangpakebgt #hastagkampret

Event lain yang terjadi di Satui selama Januari adalah pertandingan final voli antara siswa di SMA gue dan Al Kautsar. Seperti biasa, yang lebih heboh adalah suporternya. Atletnya fokus pada pikiran gimana cara mendapatkan poin, yang supporter fokus mengeluarkan gerakan provokatif agar merusak konsentrasi lawan. Lucu sekali melihat aksi heboh mereka. Berasa nostalgia zaman dulu kala. Kamdulillah, SMA menang! Ini karena kehadiran teacher, nak! *klaim semena2*.
Suportes siap membuat rusuh dengan diiringi lagu Eurong eurong dae!
Salim. Kan my game is a fair game
Tos abis briefing dari coach-nim
 
Abis kegiatan outdoor, kita ke kelas sebentar. Gue lagi menerapkan metode pengajaran yang berfokus pada siswa. Siswa harus aktif dalam pembelajaran yang menyenangkan. Artinya, guru minim menjelaskan. Siswa yang harus mencari ilmu pengetahuan sendiri! Bukan begitu, pak menteri Anas Baswedan? *alasaan!*. Oleh karena itu, sodaraku gue membuat semacam permainan benar salah. Siswa akan menjawab benar atau salah berkaitan dengan pernyataan yang gue lontarkan. Yang salah pada pertanyaan pertama musti bikin soal mengenai Perjanjian Internasional sebanyak 30 saja. Hukuman yang mendidik kan? Hahaha. Mendidik dan bikin pegel. Tapi kan abis itu kalian makin memahami materi, nak. Kata salah satu siswa “bu, mending ibu bunuh kami sekarang daripada kayak gini! Membunuh pelan2 ini bu!” Gue ketawa aja, apalagi pas pada mau bikin hastag #kamitidaktakut

Rebutan foto yang menang di permainan benar salah. Foto yang bawah adalah yang nulis soal karena salah menjawab soal

Di kelas IPA. Semangat ngangkat jawaban
Ini ada yang kena hukuman nyanyi
Gue harap metode gue gak bikin mereka bosan. Iya gak bikin bosan tapi bikin tangan mereka kriting. Hahaha. Hukuman entu gue pikir efektif biar memperkuat ingatan mereka dengan materi yang dipelajari. Ini berdasarkan pengalaman membuat soal di CP dolo *ehem*. Gue makin apal dengan materi di Sosiologi gara2 kebanyakan bikin soal plus pembahasan. Hampir overdosis kita! *kita merujuk pada pada editor plus penyusun naskah*. Nah, oleh karena maka dari itu konsekuensi bagi siswa di kelas gue kalo gak bisa jawab, telat ngumpulin tugas atau penganti tugas adalah bikin soal plus jawaban. Jadi maapin teacher ya kalo bikin jari kalian agak2 pegel. Anggap aja olahraga. #Olahragaterkutuk
Event terakhir di bulan Januari adalah seleksi olimpiade eksak macem Kimia, Biologi, Fisika, dan Matematika. Gue ikut bantuin jaga proses seleksi. Namanya juga siswa tu macem2. Ada yang serius ngerjain soal. Ada juga yang malah ngerumpiin siswa sebelah. 
Baca dengan khusyu'
Yang satu masih seterong yang satu udah mulai cidera otaknya
Mulai ribut dan perlu udara segar
Ketawa ketawa sendiri beberapa menit kemudian

Bantai soalnya naak! BANTAI!
Sepenuhnya mulai hilang akal
Yaa, begitulah kisah di bulan Januari. Semoga dengan lancarnya wipi, lancar juga gue yang ngecuprus di blog ini. Semoga tahun 2016 semua yang kita *iya, kita. Aku dan kami* harapkan bisa terwujud. Amiiin. Oia, besok ultah Kyuhyun, si cute dari koreyah. *trooos??* Haha. Gak papa sih. 
#bloggersomplak 
#fangirlinglowbujet
#tetaplopelopepadaoppa

No comments: