Tuesday 3 March 2015

Jajan Khas Indonesia

Ini aneh! Gueh, pemakan segala, tantevora merasa males makan. Iya sih masih demen makan, tapi kok makan cuma sekadar makan. Gak ada emosi yang terlibat. Ini aneh, bukan? Gue yang setuju dengan pendapat Afik mengenai makanan, yaitu hanya ada dua rasa makanan: enak dan enak banget! tiba2 merasa gak napsu buat makan. Ini menyedihkan meen! Dan yang lebih menyedihkan adalah kemalesan gueh makan gak ngefek ke berat badan. Stabil aja gitu. Ya, positive thinking ajah. Tu lemak jadi otot! Ato emang metabolisme gueh emang resek.
Sebagai upaya mengembalikan appetite to eat gueh, ada beberapa iktiar yang gueh lakukan. Nonton drama Lets eat contohnya. Emm, mayan lah. Gueh jadi pengen makan bibimbap which is i need going to Solo ato Jogja. Pret emang. Kedua, inih. bikin postingan jajan khas Indonesia. Ato khas Klaten? Ya itulah pokoknya.
Pertama, kepel! The most famous jajan in my town! Terbuat dari tepung terigu yang dikasih bumbu garam dan bawang putih. Bisa juga dikasih lada. Rasanya? Sedap meen! Apalagi masih anget. Duh, takkuasa menolaknya. Gueh hampir kolaps pas penjual langganan gueh gak jualan kepel lagi. Gueh merasa hidup gueh hampa tanpa kepel. Kehampaan itu gueh hilangkan dengan beli kepel di Ciro. Gueh mabok kepel dan tenggorokan gatel. Kepel yang terkenal berasal dari Ciro, Pedan, Klaten.Di sana banyak yang jualan kepel. Mostly setiap rumah jualan kepel. Tinggal pilih.
Sedaaap lah. Gak kalah sama odeng
Kedua adalah gorengan! Waah, ini juga sedap! Siapa bisa hidup tanpa gorengan? Pengikut dr. Tan harap minggir dulu lah. Ada sih niat buat nerapin pola sehat dengan tidak makan gorengan, tapi niat cuma tinggal niat doang. Mendoan, tahu isi, tahu bakso, pisang goreng, ketela, singkong, apa lagi ya? tahu, rolade, daan masih banyak lagi berbagai macem gorengan yang bisa kita temui di pinggar jalan. Emang hidup akan lebih semarak dengan gorengan. Bahkan karaokean di inul pun lebih hidup dengan mendoan angetnya! Di kantor gueh suka pesen gorengan kalo lagi pada kekurangan asupan logistik di warung bu MJ. Dan butuh pengalihan dari naskah2 revisian. Cuma sekarang lagi hiatus. Udah ada asupan gizi dari mbak Yekti yang dengan cerdiknya mengemas kepel plus dikasih sambel. Seribu doang. Haha. Murahnyooo. Indahnya kalo semua murah gitu.
Gorengan oh gorengan. Bisa apa atuh kami tanpamu?
Ketiga adalah sate kepel. Perpaduan kepel yang empuh2 gurih sama kasih celupan yang manis2 gurih adalah keindahan tiada tara! Tiada kata yang bisa menggambarkan kedahsyatan ni jajanan selain maknyuuus! Ni makanan akrab juga dikatakan sebagai sate kere. Entah. Kere merujuk pada kondisi gak punya duit ato karena keminimalisan ni makanan. Selain kepel ada juga tempe gembus. Ada usus juga. Kadang lemak juga. Pengen ngelego ni lemak jadinya. 

Kepet kepeet dolo sebelum diemplok
Dipileeh dipileeh mana yang mau dikepet2 cantik
Keempat adalah bakso bakar. Ini juga lagi ngehits! Syahdu aja rasanya nongkrong di pengkolan sambil nglamuti ni sokar (bakso bakar-red). Ada banyak varian sokar. Ada yang bakso sapi, ada juga bakso tuna. Sedap ini yang tuna. Ada juga sih varian sokar yang namanya sosnag. Ini gueh temuin di UMS Solo. Gak terlalu enak. Pedesnya dapet tapi rasanya lucu. Kayak makan Yoo Jae Suk! 
Sedapnya bakso bakar nii!
Maap miring2 tiada banding. Udah takubah padahal lo. Ya miring dikit gapapa bacanya
Gak terlalu recommend sih ini. Enakan bakso bakar tuna
Kelima. Ada cenil! Ini masuk makanan tradisional sih. Entah di belahan kota lain Indonesia ada gak. Cenil terbuat dari singkong. Dibentuk bola2 unyu berwarna warni abis itu didang. Em, bahasa Indonesianya apa didang? Oh! Di kukus. Abis itu kasih kelapa sama gula. Enaak!
Mungil unyu pengen segera di emplok
Keenam ada sawut. Ini juga tradisional. Cuma sudah agak jarang paling kalo Solo adanya di Pasar Gede. Ato buat aja sendiri. Tinggal siapin aja singkong. Parut. Kemudian kukus. Jangan lupa kasih gula jawa di kukusan singkongnya. Dan hasilnya...Walaaa
Kalo pas anget, beuuh. Enak banget!
Ketujuh ada putu nguuuuuk, begitulah bunyinya. Terbuat dari sagu dan gula jawa. Anget dan lelehan gulanya sodaraaa! Juaraaa!
Uiiih! Amboiii nian ni putu!
penampakan yang jualan. Bapaknya keluar kalo sore. Kesan syahdunya kentara sekali
Berikutnya langsung gambarnya yak. Lagi pengen yang to the point nih *males maksudnya*
Ada jadah. Salah satu panganan kesukaan gueh! Apalagi kalo jadah dari temen bapak! Beuuh, enak banget! Ini bukan masalah gratisan ya. Jadah dari pak Sri itu lembuuut banget! Ibarat kata lo gak usah ngunyah aja udah langsung meluncur ke tenggorokan dengan lancar jaya. Ibaraat ini! Jangan dipraktektin beneran. Majas hiperbol temaan!
Jadaaah! Enaknya sampai ke ubun2! Sedaap!
Ada bakso ato bakwan malang juga! Segar pedes gurih! Pas dimakan kalo ujan turun. Apalagi gerimis mengundang lapar itu loo. Tiada yang mengalahkan si bakwan malang ini!
Lumayan pengganjal di jam kritis pulang kerja. Daripada mie gelas?
Trus ada juga roti bakar. Ini sodaraan sama martabak manis. Cuma gueh belom jajan martabak manis lagi. Keburu musti diposting ni. Lagian martabak manis terlalu tinggi kalorinya. Eike kan lagi diet *diet pencitraan*.
Yang anget yang angeet
Selanjutnya dari klan singkong lagi. Si gethuk Yoko. Kalo di daerah gueh sih yang terkenal gethuk yoko ceper! Gethuk selainya juara. Cuma sekarang rasanya agak beda. Gak selaziz dolo. Mungkin karena beda generasi. Oh, ya di sini juga jual tahu bacem! Enak banget! Basah dan manis! *Apaan nih basah dan manis?*

Dikasih gula dan kepala. Emmm, enaaak!
Naah, kalo jajan khas minum yang juara tetaap es degaan! Mau dikata ada cincau capucino kek, ada cokelat volcano kek, ato apalah es degan gula pasir tetap nomor satu! Segarnya tidak terkalahkaan! 

Tinggal poles dikit bisa lah mengalahkan patbingsu-nya korea!
Salah ambil foto ni mah! Mana es degannya?
Demikian pemirsaaah! 
Semoga membantu membuka wawasan pemirsa sekalian. Btw, Mei tanggal 3 SuperShow bakalan digelar di Tangeran. Iya. Sama gueh juga galau. Ngitung dari tiket, akomodasi, sampai oleh2 buat Yuyun dan teman2 bakalan bikin gue ngegadain laptop ato naskah kayaknya. 
Semua akan baik2 saja, kan?*berusaha kalem dan stay cool* *Kampret!**gagal*

2 comments:

Dave Prabowo said...

Gw Suka cara penulisan ente. Renyah dan garing. Jayus tapi wagu. Pokokna suka bingit

mikaw said...

haha. agak ada asem2nya dikit bagian jayus tapi wagu itu :) makasih ya udah koment. Semoga suka bingit selama lama selama lama lamanyaa