Friday 31 January 2014

Memanusiakan Manusia

Kemaren waktu pengajian di tempat sepupu, banyaak bertebaran cerita mengenai anak sepupu yang bersekolah di salah satu sekolah swasta milik tokoh nasional sebut saja Amien Rais *kkk*. Jadi sekolah milik yayasan beliau adalah salah satu sekolah daebak dari pola pembelajarannya dan segi bayaran. Kalo sepupu ane katanya sekolah anaknya paling murah. Masuk cuma 7,5 juta, SPP cuma 300rebuan. Daan itu murah karena si Dito, ponakan eike cuma sekolah selama 2 jam! Aigoooo. Mantaaf! 
Dito-yaa
Naah, dengan begitu murahnya biaya sekolah di sana, jadi mikir dong apa seh kelebihan dari sekolah entu. Kata Mbak Yayuk, sepupu eike entu tu sekolah memasang tagline (kalo gak salah) "Bersekolah dengan senang, senang dengan sekolah". Ciri yang muncul dari siswanya adalah pas pulang sekolah mereka gak mau pulang! Jadi gak ada  ceritanya, siswa lima belas menit sebelum pulang udah rapiin buku, sedakep, dan duduk dengan manis. Yang ada mereka gak mau pulang. Selain itu, siswa dibebaskan gak pake seragam. Jadi gakpapa ke sekolah cuma pake sendal crocs ori doang, pake singlet, dan masuk jam berapapun dipersilakan! 
Ember ciin, intinya sekolahan entu membebaskan anak menjadi dirinya sendiri. Gak ada pemaksaan biar anak pinter membaca dll. Kata Mbak Yayuk sih tu sekolah keunggulannya terletak pada kebebasan mencintai SJ sepenuh hati dan membiarkan anak tumbuh secara alami. Masih menurut Mbak Yayuk ni ya, bagusnya anak yang pendiem ato sulit mengungkapkan kata2 ato pemalu dapat tersembuhkan!! Anak bakalan mengeluarkan kata hatinya karena gak bakal dimarahi. Kalo dalam dunia per-Resto-an, pembeli adalah raja, di sini juga! Raja kecil meen! Tapi, papa-nya si Dito, suaminya Mbak Yayuk, Mas Bowo suka stres kalo nganter Dito ke sekolah dan ketemu sama sala satu guru dengan inisial Sandara Park *kkk*. Guru Park bakalan menyambut Dito dengan full service! "Haloo sayang," gitu, kemungkinann Dito juga mendapat pelukan dan senyum terbaik! Haha. Naah, itu yang menjadi senjata para siswa kalo dimarahi di rumah. Mereka selalu bilang,"iih, mama gak kayak Bu Sandara deh,". Nah loo
Well to the well well well *teracuni si Nom2* gimana tuh? Mas Bowo ngeri kalo Dito jadi keterusan manjanya kalo masih aja sekolah di situ. Mungkin lebih baik di sekolahin di SD Sentono aja kali ya *SD eike dulu*
Naah, the problem is what is the best method to teach the kids? Gini, aku pernah mendengar Pak MarTeg bilang,"Kita tumbuh dengan larangan,". Maksudnya, kalo pas anak2 main2 dengan pisau dan tidak ada yang melarang anak itu, besar kemungkinan tu anak kena pisau kan? Kita emang gak ngarepin anak kena pisau, tapi trennya kan mengarah ke sana *hiaah*. Agak ngeri juga kalo anak yang gak mau ngapa2in, termasuk gak mau belajar ato mendapat sosialisasi dibiarin aja. Iya, kalo tu anak termasuk anak yang bertalenta, punya talenta. La kalo kagak? Bisa2 mereka gak punya keterampilan dong! 
Maksudnya gini, mending mana maksa anak nguasai gitar ato diem2an liat doi mantengin tipi? Kalo eike mah mending maksa2 anak les ini itu, ketauan bakatnya baru dikembangin. Sebenarnya ini pengalaman eike. Jadi bapak itu tipe yang ngebiarin anak tumbuh dengan apa adanya. Maksudnya gak ngemaksa ikut les ini, kursus itu. Ketika kita yang pengen, baru deh diiyain. Ini kurang maknyuuus! Mengingat eike tinggal di pedesaan yang minim ingar bingar keterampilan hasilnya ya kurang maksimal. Eike gak bisa renang, gak bisa maen gitar, gak bisa main harpa *dih*. Mustinya dulu bapak paksa eike ngikutin berbagai kursus. Nangis2 deh, yang penting menguasai sesuatu! Tapi gakpapa, yang namanya belajar itu gak pernah terlambat. Iya kan? *agak sangsi*
Trus gimandos-dos dong?? Yaa, sesuaikan aja dengan konteksnya. Situasi yang berkembang di sekeliling elooh *apaseeh?*. Menurut eike yang paling mantaf sebagai guru anak adalah orang tua. Orang tua memiliki hak dan kewajiban yang tidak terbatas untuk membentuk karakter anak. Orang tua pula kan yang tau anak? Secara idup 24 jam bareng. Kalo perlu dilarang karena membahayakan anak ya dilarang aja, jangan nunggu ampe anak ngalamin sendiri bahaya itu. Terlalu berisiko kan?
Liat dulu karakter anak. Biar bagaimana pun, anak kalah pengalaman dari orang tua. Istilahnya orang tua udah makan garam dunia. Tapi juga gak boleh terlalu maksa dan menekan anak apalagi maki2 anak. Ada gitu tetangga yang kata2 negatif macam "g*bl*k" seolah2 ada di pinggir bibirnya sehingga mudah keluar. Dan anaknya itu baru kelas 6 dan 1 SD loh. No no no by A Pink, She shouldnt do that! Ngeri kalo besok gedenya gantian ibunya yang dimaki *O big Noo*. 
Sooo, biarkan anak tumbuh sesuai dengan karakter dan kepribadiannya. Sesuaikan pembelajaran mereka dengan umur dan tingkat kedewasaan. Jangan lupa mereka bukan manusia mini, mereka memiliki pemikiran sendiri yang harus diperhatikan. Dan yang penting pastikan mereka tumbuh menjadi anak baik. Karena anak baik tidak akan melakukan hal yang menyakitkan dan merugikan sesamanya :)
 

2 comments:

Bibi Titi Teliti said...

Hai Mikaaaa...
itu beneran gurunya namanya Sandara Park? Ada yang namanya CL juga kali yah?..hihihi...

Ih, dikau pinter deh, udah cocok punya anak kayaknya...hihihi...

Aku setuju denganmuuu...
Sebagai orang tua aku sih berusaha peka sama minat anak kemana, kalo dia suka baru diarahkan. Biasanya kalo masih kecil kesukaan anak suka ganti2 kan yah, biarin aja dulu dia ber eksplorasi sesuka hati nya sampe ketemu yang cocok gituh...

Menurutku lho yaaah :)

mikaw said...

Bukan teeh, kan aku niru teteh pake inisial artess..hehe
Udah siap ya teh? Tolong calon suaminya dong teh..hehe
Iyaaap, jadi pengamat gitu ya teh
Beneer teh, pendapat teh ery beneer!! 100%! Fan girl mode on :D